Lastboy Tahara S
Lastboy Tahara S Profesional

Sesekali menulis tentang kuliner dan wisata di www.lastboytahara.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Luncurkan KODAKCoin, Nama Kodak Kembali Eksis

10 Januari 2018   19:05 Diperbarui: 11 Januari 2018   16:36 876 2 1
Luncurkan KODAKCoin, Nama Kodak Kembali Eksis
Ilustrasi merek Kodak dan kameranya (Gambar: mirror.co.uk)

Kodak yang dikenal sebagai merek kamera selama satu abad dan akhirnya dinyatakan bangkrut, kini mulai bangkit dengan terjun di dunia bisnis baru. Kodak dalam laman resminya, Selasa (9/1/2018), mengumumkan kerja sama dengan WENN Digital mengenai peluncuran platform pengelolaan hak cipta foto bernama KODAKOne dan mata uang digital KODAKCoin.

Secara sederhana, cara kerja platform KODAKOne memungkinkan fotografer mendaftar dan melisensikan karya mereka menggunakan buku digital terenkripsi. Kemudian pengguna juga dapat menerima pembayaran untuk pekerjaan mereka menggunakan sistem cryptocurrency yang yang disebut KODAKCoin. Menurut CEO Kodak Jeff Clarke, munculnya bisnis baru ini juga berkat tren cryptocurrency yang sedang populer saat ini dan ia mencoba mengintegrasikannya dengan fotografi.

"Bagi banyak orang di industri teknologi, blockchain dan cryptocurrency adalah kata kunci yang paling disorot, namun bagi fotografer yang telah lama berjuang untuk menegaskan kontrol atas pekerjaan mereka dan bagaimana penggunaannya, kata kunci ini adalah kunci untuk memecahkan masalah yang tidak terpecahkan," kata CEO Kodak, Jeff Clarke, dalam sebuah pernyataan di businesswire.com.

Ia juga menambahkan bahwa Kodak berusaha mendukung demokrasi fotografi dan memberi lisensi yang adil bagi fotografer. Produk baru mereka akan menjadi teknologi bagi para komunitas fotografi untuk memperoleh apresiasi dengan cara yang mudah dan inovatif.

Peresmian bisnis baru ini turut menandai kebangkitan Kodak setelah terpuruk dari bisnis kamera. Pada tahun 2013 Kodak memang sempat mencoba untuk pulih dengan fokus bisnis pada pencetakan dan film digital.

Tren bisnis blockchain dan cryptocurrency yang diusung Kodak turut melambungkan keuntungan perekonomian mereka. Seperti dilansir CBSNews, setelah pengumuman bisnis baru tersebut, harga saham Kodak melonjak 135 persen menjadi $ 7,32 dalam perdagangan di bursa AS.

Penawaran ICO atau penawaran perdana koin akan dilakukan Kodak pada 31 Januari 2018. Untuk saat ini masih belum jelas seberapa banyak akan dibutuhkan Kodak. Penawaran ini akan terbuka bagi investor dari Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara lain yang terakreditasi.

Referensi:

  • Kodak.com
  • CNBS