Mohon tunggu...
Lastboy Tahara S
Lastboy Tahara S Mohon Tunggu... Gadget Enthusiast

"Do what you cant!"

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Mengulik Pro-Kontra Ajang DWP 2017

16 Desember 2017   00:07 Diperbarui: 16 Desember 2017   02:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengulik Pro-Kontra Ajang DWP 2017
Suasana dan tata panggung DWP 2016 lalu | Foto: MargarethaMaru

Festival electronic dance music (EDM), Djakarta Warehouse Project (DWP), resmi dilaksanakan dua hari yakni 15 dan 16 Desember 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun sama seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, gelaran DWP menuai kontroversi. Sejumlah ormas menolak terselenggaranya DWP karena dinilai bertentangan dengan budaya ketimuran. Sebagian juga menuding bahwa acara tersebut hanya menjadi ajang gelaran musik yang disertai peredaran minuman keras dan narkoba.

Meski permasalahan yang diangkat selalu sama setiap tahun, ajang DWP sama sekali belum pernah dibatalkan, sebab belum pernah ada bukti penemuan narkoba. Untuk DWP tahun ini bahkan mendapatkan tanggapan positif dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Ia menilai event tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dan penyediaan lapangan kerja.

Dari sisi perekonomian, event DWP tahun ini memiliki target jumlah penonton tembus 80 ribu orang. Belum lagi dengan peningkatan wisatawan asing di Jakarta. Dilansir dari MetroTvNews, Sandiaga Uno mengaku mendapatkan informasi bahwa DWP akan dihadiri 30-40 ribu penonton dari luar negeri. Kaitannya dengan keuntungan secara ekonomi, penyelenggara DWP 2016 pernah memperkirakan devisa negara yang akan diraih Indonesia dapat mencapai Rp 200 Miliar. Hitung-hitungan tersebut bila pengunjung asing mencapai 20 ribu orang.

Untuk DWP 217 kali ini Assistant Brand Manager Ismaya Live, Sarah Deshita, optimis devisa negara yang diraih bisa mencapai Rp 350 miliar. Keuntungan devisa tersebut berdasarkan hitungan bila event dihadiri oleh 100 ribu pengunjung di mana 35 persen atau 35 ribunya adalah orang asing dan per orang menghabiskan uang sebanyak Rp 10 juta. Hitungan tersebut berdasarkan survei yang mereka lakukan pada event DWP 2016 lalu.   

Banyaknya wisatawan asing yang tertarik untuk hadir di DWP juga karena keseriusan mereka untuk mendatangkan DJ kelas dunia yang sedang hit. Tahun 2016 lalu mereka mampu mendatangkan Hardwell. Martin Garix, Zedd, dan masih banyak lagi. Rata-rata karya mereka telah didengar oleh penikmat EDM seluruh dunia. Bagi pengunjung lokal, tentu ajang ini menjadi moment untuk melihat langsung DJ favorit mereka beraksi memainkan lagu-lagu hit. Sebab, sangat jarang Indonesia dikunjungi oleh DJ berkelas yang kebanyakan dari Eropa.

Margaretha Helena, satu dari sekian banyak penikmat musik EDM juga sangat mendukung event DWP 2017. Tahun lalu ia berkesempatan untuk hadi di DWP 2016 bersama rekan-rekannya. Selain menikmati musik EDM, salah satu tujuannya adalah untuk melihat langsung aksi para DJ memainkan lagu-lagu mereka.

"Bagi gue DWP kaya nonton konser aja, karena gue suka mendengarkan musik EDM. Bisa dibilang DWP juga sebagai ajang buat ketemu artis favorit gue sambil menikmati musik," ungkapnya

Suasana dan tata panggung DWP 2016 lalu | Foto: MargarethaMaru
Suasana dan tata panggung DWP 2016 lalu | Foto: MargarethaMaru
Suasana dan tata panggung DWP 2016 lalu | Foto: MargarethaMaru
Suasana dan tata panggung DWP 2016 lalu | Foto: MargarethaMaru
Lalu bagaimana keseruan DWP 2017 kali ini? 


Berdasarkan set times yang dibagikan Ismaya Live selaku penyelenggara, terdapat tiga stage. Di stage Garuda Land akan ada aksi Tiesto dan Marshmello. Sedangkan yang sudah memeriahkan DWP 2017 ada Flume, Rehab, Robin Schulz, Devarra, Patricia Schuldtz, dan Ray Ray.

Kemudian pada stage Cosmic Station, akan ada aksi dari David Gravell, Sander Van Doorn: Purple Haze. Sedangkan Ilan Bluestone, W&W present NWYR, Marlo, Junior & Kyle, DJ L, Hizkia, Trilions, dan Hathoris juga sudah menunjukkan karya mereka.

Terakhir, stage ketiga yakni Neon Jungle, Zatox, Zeds Dead, dan Ookay. Sedangkan Slander, Cesqeaux, Tony Romera, Jade Rasif, dan Okiocto telah mempersembahkan aksi terbarik mereka di DWP 2017.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x