Mohon tunggu...
Bowo
Bowo Mohon Tunggu... Hobi saya menulis

Blog saya : https://www.aanwijzing.com dan https://www.fatih-io.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Cara Menyelesaikan Pecahan

19 September 2019   08:56 Diperbarui: 19 September 2019   09:05 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pecahan : Cara Menyelesaikan Soal Pecahan Pada awalnya soalakan terlihat sulit, namun semua kesulitan tersebut akan dapat di atasi dengan cara banyak melakukan latihan dan mengetahui bagaimana cara menyelesaikan soal pecahan tersebut. 

Apabila teman - teman telah paham mengenai dasar - dasar pecahan, tentunya teman - teman akan lebih cepat untuk mengejakan dan menyelesaikannya. Teman - teman harus memulai dengan melakukan penjumlahan dan pengurangan dasar, selanjutnya ke perhitungan yang lebih rumit, dst.

Daftar Isi

A. Mengalikan Pecahan
B. Membagi Pecahan
C. Merubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa
D. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Hal sangat penting untuk diketahui dalam perkalian pecahan yaitu 1). apakah ada bentuk pecahan yang berbeda, yaitu apakah ada bentuk pecahan sederhana dan campuran, 2). perlakuan pembilang dan penyebutnya.

Misalnya kita akan mengalikan pecahan 1/2 x 1/4 maka hal yang dilakukan adalah melihat apakah terdapat bentuk pecahan yang berbeda. Dari soal tersebut kebetulan tidak ada perbedaan bentuk pecahan, sehingga kita langsung bisa melakukan perkalian atas soal pecahan tersebut.

Sama seperti halnya pada perkalian pecahan, pada pembagian pecahan hal yang perlu diperhatikan yaitu apakah terdapat bentuk pecahan yang berbeda yaitu apakah terdapat pecahan sederhana dan pecahan campuran. Kalau ada harus ke bentuk sederhana supaya mudah dalam melakukan pembagian pecahan tersebut. 

Cara menyelesaikan soal pembagian pecahan yaitu dengan membalik pecahan yang kedua dan merubah pembagian menjadi perkalian. Selanjutnya lakukan perkalian seperti biasa, pembilang kali pembilang, penyebut kali penyebut.

Sebagai contoh soal pembagian pecahan yaitu 1/2 di bagi 1/4. Teman - teman dapat menyelesaikan soal tersebut dengan cara membalik pecahan yang kedua dalam hal ini yang 1/4. 

C. Merubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa
Bagai mana cara merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Namun sebelumnya perlu dipahami bahwa pecahan biasa yaitu pecahan yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya. Apabila teman - teman menemui pecahan campuran maka harus dilakukan perubahan menjadi pecahan biasa.

Sebagai contoh, teman - teman mempunyai nilai 4 2/3 (empat dua per tiga). Cara merubah pecahan campuran ke pecahan biasa yaitu dengan mengalikan angka cacahnya (bukan pecahan) dengan penyebutnya.

D. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Pada prinsipnya sama antara penjumlahan dan pengurangan. Misalnya kita akan menambahkan antara pecahan 1/2 ditambah 1/3. Langkah pertama yaitu kita lihat terlebih dahulu apakah ada pecahan campurannya atau tidak.

 Jika ada maka harus dirubah terlebih dahulu ke pecahan sederhana. Dalam soal ini tidak terdapat pecahan campuran. Selanjutnya kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu, selanjutnya dilakukan penjumlahan atau pengurangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x