Mohon tunggu...
Bonaventura Donny Setyawan
Bonaventura Donny Setyawan Mohon Tunggu... Sports Blogger

Sports Blogger

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

"Memory Of 2018", Indonesia Menatap Olimpiade 2032

14 Desember 2018   11:59 Diperbarui: 14 Desember 2018   12:08 257 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Memory Of 2018", Indonesia Menatap Olimpiade 2032
Presiden IOC,Thomas Bach dan Presiden Indonesia, Joko Widodo (sumber: laduni.id)


Indonesia sukses besar menyelenggarakan Asian Games 2018 yang dimulai pembukaan sejak 18 Agustus hingga penutupan pada 2 September. Hal ini membuat takjub dari hampir semua delegasi negara peserta. Presiden Komite Olimpiade Internasional atau IOC, Thomas Bach pun tak ketinggalan untuk datang langsung ke Indonesia. Walaupun ini hanya event olahraga Asia, Thomas Bach ingin sekali untuk hadir langsung dalam upacara penutupan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (02/09/2018). 

Menjelang penutupan Asian Games 2018, Thomas Bach bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo. Selain Thomas Bach, adapula Presiden Dewan Olimpiade Asia atau OCA, Syeikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Bogor (01/09/2018). Thomas Bach mengatakan, "terdapat peristiwa yang paling mengesankan dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 ini, yaitu orang-orang Indonesia itu sendiri. Indonesia telah menunjukkan kombinasi hebat dari keramahan dan efisiensi pada saat yang bersamaan,"  Presiden Jokowi menyampaikan, ".Bach dan Al-Sabah kagum atas kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Karena itu, pemerintah Indonesia yakin bisa menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar dari Asian Games. Indonesia berencana secepatnya mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah olimpiade 2032." 

Ungkapan Presiden Jokowi itu diterima baik oleh Thomas Bach. Thomas Bach mengapresiasi kepada Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018. Thomas Bach mengatakan, "Selamat pak Presiden atas kesuksesan Asian Games. IOC juga mengapresiasi (niat Indonesia) mengajukan diri di Olimpiade 2032."

Persaingan untuk mendapatkan jatah tuan rumah olimpiade memang sulit. Apalagi, kalau negara tersebut belum memliki tradisi kuat di olimpiade atau prestasi olahraga secara internasional. Itulah sebabnya, tuan rumah olimpiade biasanya diperebutkan oleh negara dari Eropa, Amerika Utara, dan Asia Timur. Hingga saat ini, bemu ada negara dari Benua Afrik menjadi tuan rumah olimpiade. Brasil dengan Rio De Janeiro berhasil menjadi tuan rumah olimpiade 2016 dan menjadi olimpiade  pertama yang diadakan di Amerika Selatan. Kalau saja bisa terjadi jika Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade 2032, maka Indonesia akan menjadi tuan rumah olimpiade ke-4 dari benua Asia (setelah Korea Selatan, Tiongkok, dan Jepang) dan menjadi tuan olimpiade pertama di Asia Tenggara. Semoga saja Indonesia bisa terpilih menjadi tuan rumah olimpiade 2032.

VIDEO PILIHAN