Bola

Malaysia Jumpa Vietnam di Final Piala AFF 2018

7 Desember 2018   00:09 Diperbarui: 7 Desember 2018   00:46 331 0 0

Malaysia akan bertemu Vietnam dalam Final Piala AFF 2018 yang akan dimainkan dua leg. Malaysia akan memainkan laga leg pertama sebagai tuan rumah yang akan dimainkan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada 11 Desember 2018. Vietnam giliran selanjutnya menjamu Malaysia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada 15 Desember 2018. Malaysia berhak lolos ke final setelah mampu unggul produktivitas gol tandang atas Thailand meski memilki agregat 2-2. Sedangkan Vietnam, lolos ke babak final menang agregat 4-2 atas Filipina. Kedua negara pernah bertemu dalam babak fase grup A saat Vietnam bertindak sebagai tuan rumah. Saat itu, Malaysia takluk 2 gol tanpa balas atas Vietnam. Tentu saja, Malaysia akan membalas kekalahan yang diderita saat away ke Hanoi.

Kondisi saat babak final nanti akan sangat berbeda. Pertandingan tidak hanya 90 menit tetapi juga 180 menit yang sangat berarti bagi kedua negara saat laga kandang dan tandang. Malaysia cukup kuat dalam Piala AFF 2018 ini. Meskipun tak bisa menang laga kandang saat jumpa Thailand, sokongan sekitar 80.000 pendukung, termasuk ultras malaya yang memenuhi Stadion Nasional Bukit Jalil akan menjadi teror sendiri bagi Vietnam. Sebaliknya, Vietnam juga memilki militansi pendukungnya saat Vietnam menjalani laga kandang. Kedua negara sama-sama mengincar gelar kedua untuk Piala AFF ini. Vietnam terakhir kalinya merengkuh trofi pada tahun 2008. Selang 2 tahun berikutnya, giliran Malaysia yang mengangkat trofi paling bergengsi se-Asia Tenggara. 

Malaysia memilki modal tak mudah menyerah. Hal itu sudah dibuktikan dalam laga leg ke-2 semifinal melawan Thailand. Malaysia sempat tertinggal gol dua kali sebelum gol Norshahrul Idlan Talaha mampu menyamakan skor menjadi 2-2. Skuad "Harimau Malaya" juga mampu membuat frustasi para pemain Thailand. Bahkan, penalti Adisak Kraisorn pada masa injury time juga tak bisa dikonversi menjadi gol. Sedangkan di kubu Vietnam, para pemain juga tak mengendorkan semangat, meski sudah unggul secara agregat gol atas Filipina. Selalu menang di kandang menjadi bukti Vietnam tak mudah ditaklukan . 

Siapa yang berhak membawa pulang trofi Piala AFF?