Mohon tunggu...
bolehshop id
bolehshop id Mohon Tunggu... https://www.bolehshop.id/

Beauty Story - 🛒AUTHENTIC KOREAN SKINCARE 💄 Beauty 👗 Living

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bahayanya Sinar Blue Light untuk Kesehatan Kulit dan Mata, Terutama pada Ponsel!

8 Juni 2020   16:16 Diperbarui: 8 Juni 2020   16:09 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bahayanya Sinar Blue Light untuk Kesehatan Kulit dan Mata, Terutama pada Ponsel!
Photo Source: Pexels

Seperti yang kita ketahui dan para ahli medis pasti mengetahui tentang potensi blue light yang ada pada perangkat digital (Handphone, Laptop, Komputer) bisa merusak mata. Tapi apakah blue light bisa juga merusak kulit?

Apa itu Blue Light?

Blue light adalah bagian dari spektrum cahaya High Energy Visible dan memiliki gelombang yang pendek. Semakin pendek gelombang, maka semakin besar energinya. Sumber utama Blue light yang biasa kita lihat adalah matahari. 

Cahaya tersebut tidak hanya berasal dari matahari, tetapi juga dari layar komuputer, ponsel, dan perangkat digital lainnya. Terutama selama pandemi COVID-19, ketika banyak dari kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan di depan layar daripada biasanya, penting untuk memahami efek Blue Light.

Apakah Blue Light Bahaya untuk Kulit?

Selain mengganggu penglihatan, paparan Blue Light juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa Blue light dapat berdampak buruk bagi kulit. Panjang gelombang Blue light dalam kisaran 380-400 nm itu artinya berbahaya. 

Paparan Blue light dalam jangka panjang terhadap sumber energi cahaya itu sendiri dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk perubahan warna pada kulit, peradangan, dan melemahnya permukaan kulit. Sederhananya, Blue light dapat meningkatkan stres pada kulit yang menyebabkan penuaan.

Lalu, Apa Perbedaan Antara Paparan Blue Light dari UV dan Blue Light dari Layar?

Sinar matahari adalah sumber utama Blue Light yang kita hadapi; perangkat digital hanya memancarkan sebagian kecil dari jumlah radiasi itu. Perbedaan utama adalah bahwa ponsel kita jauh lebih dekat dengan kita daripada matahari, dan paparan yang "dekat" ini seharusnya jauh lebih diperhatikan. Sebaliknya, sinar UV biru lebih menyebar dan jaraknya pun lebih jauh.

Dalam satu hari kita bisa saja menghabiskan begitu banyak waktu dengan menggunakan perangkat digital, memegangnya dekat dengan wajah dan mata. Disitulah permasalahan kesehatan muncul. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x