Mohon tunggu...
Bokashi Indonesia
Bokashi Indonesia Mohon Tunggu... Lainnya - PT Karya Pak Oles Tokcer

Melindungi Generasi dengan Produk Alami

Selanjutnya

Tutup

Beauty

10 Makanan Penyebab Jerawat Muncul Terus-menerus, Sebaiknya Dihindari

18 Agustus 2022   18:05 Diperbarui: 18 Agustus 2022   18:11 117 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Makanan penyebab jerawat/freepik.com

Jerawat memang jadi masalah kulit yang dihadapi oleh hampir seluruh orang di dunia. Munculnya jerawat nyatanya sangat mengganggu aktivitas keseharian kita dan juga berdampak pada tingkat kepercayaan diri seseorang. 

Wajah yang bersih dan mulus, terbebas dari jerawat merupakan dambaan setiap orang. Tapi bagaimana orang bisa bebas dari jerawat? Apalagi jerawat ini muncul disebabkan karena banyak faktor. Banyak yang mengira bahwa jerawat disebabkan semata-mata oleh wajah yang kotor atau kurang menjaga kebersihan kulit. 

Kenapa jerawat bisa muncul? Di dalam dunia kesehatan, jerawat atau dikenal dengan nama ilmiah acne vulgaris merupakan sebuah penyakit peradangan dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan munculnya komedo, papul, kista, atau pustul. 

Peradangan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor genetik, faktor lingkungan, faktor gaya hidup, faktor hormonal, serta penggunaan bahan kosmetik yang kurang sesuai dengan kondisi kulit. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap timbulnya jerawat yakni faktor gaya hidup dan faktor hormonal. 

Gaya hidup yang tidak seimbang seperti stress, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol hingga pola makan yang tidak seimbang dapat berdampak pada keseimbangan hormon yang terjadi di dalam tubuh. 

Pola makan yang tidak seimbang dengan tidak memperhatikan asupan gizi yang masuk kedalam tubuh harus segera diperbaiki agar terhindar dari jerawat. Karena itu, penting buat kamu mengetahui makanan-makanan yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya jerawat nih.

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah 10 makanan penyebab jerawat muncul terus-menerus yang mulai sekarang harus kamu hindari.

1. Gorengan

Siapanih yang makanan favoritnya gorengan? Sudah sering dengar bukan, jika makanan kesukaan sejuta umat ini ternyata menjadi penyebab salah satu munculnya jerawat. Gorengan dikenal memiliki kandungan lemak trans atau lemak jenuh yang sangat tinggi. Mengonsumsi gorengan dengan jumlah yang banyak akan menimbulkan peradangan pada kulit, seperti jerawat. 

Banyak pro dan kontra terkait mengonsumsi gorengan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Akan tetapi, konsumsi gorengan dengan jumlah yang banyak dapat mengganggu kesehatan tubuh karena kandungan minyak di dalamnya dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Gorengan dan jerawat seperti menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak atau makanan penyebab jerawat sangat berpotensi meningkatkan produksi minyak pada wajah.

2. Keripik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan