1. Ekonomi Politik
Adapun definisi ekonomi politik oleh Eatwell dalam buku The Political Economy of Communication mengartikan bahwa ekonomi politik adalah ilmu kekayaan dan upaya yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi dan memuaskan keinginan. Hal ini berkaitan dengan dengan kontrol penguasa terhadap sumber daya yang dimiliki sehingga keinginan dan hasratnya berhasil dipenuhi. Definisi lain disebutkan bahwa ekonomi politik merupakan studi hubungan sosial, terutama dalam hal hubungan kekuasaan yang saling membentuk produksi, distribusi, dan konsumsi sumber daya (Mosco, 1996).
      Pendekatan ekonomi politik dimaknai sebagai interrelasi di antara aspek, proses, dan institusi politik dengan kegiatan ekonomi (produksi, perdagangan, konsumsi). Berdasarkan hal tersebut, pendekatan ekonomi politik mengkaitkan seluruh penyelengaraan politik, baik yang menyangkut aspek, proses, maupun kelembagaan dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah ataupun masyarakat. Pendekatan ini meletakkan bidang politik subordinat terhadap ekonomi.
2.. Komodifikasi
      Menurut Adam Smith dalam Mosco komodifikasi merupakan sebuah proses transformasi dari nilai guna menjadi nilai tukar, merupakan proses perubahan sesuatu yang memiliki nilai fungsi atau nilai guna menjadi produk yang bernilai dan menjadi nilai tukar. Dalam ekonomi politik komunikasi, komodifikasi melihat peran perusahaan atau kapitalis mengubah nilai fungsi media sebagai saluran pemberi informasi menjadi nilai tukar yang menguntungkan perusahaan. Proses komunikasi dan teknologi memiliki kontribusi terhadap proses komodifikasi yang terjadi, proses komodifikasi yang terjadi akan menekan proses komunikasi dan juga institusi. Dalam dunia industri, media mampu mengubah fungsi dari media itu menjadi komoditas dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Komodifikasi berhubungan dengan proses tukar barang dan jasa dari yang awalnya nilai guna menjadi komoditas yang memiliki nilai tukar. (Setyawati, 2014)
3. Komodifikasi Isi (Budaya)
       Komodifikasi isi adalah proses oleh media untuk membuat, mengubah pesan atau menambahkan sekumpulan data untuk dapat dipasarkan, komodifikasi isi mengubah pesan untuk membentuk sebuah makna dengan tujuan mendapatkan banyak apresiasi dan menjadi favorit bagi masyarakat. Komodifikasi isi berhubungan dengan proses media untuk membuat isi dari sebuah konten atau program yang akan dipasarkan, saat program atau konten yang dipasarkan itu mempunyai isi yang menarik maka acara tersebut
Referensi :
Mosco, V. (1996). The Political Economy Of Communication. London: SAGE Publication Ltd.