Mohon tunggu...
LUKMANUL HAKIM
LUKMANUL HAKIM Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Peran Suami saat Istri Hamil

4 November 2022   20:56 Diperbarui: 4 November 2022   21:22 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Mengharapkan seorang anak adalah salah satu pengalaman paling mengasyikkan dari kehidupan pasangan yang sudah menikah. Itu juga bisa sangat menegangkan. Perubahan fisik, hormonal dan emosional yang datang dengan kehamilan bisa sangat luar biasa. Lebih dari sebelumnya, seorang ibu hamil akan membutuhkan dukungan penuh kasih seorang suami.

Simak beberapa kiat penting tentang bagaimana menjadi suami yang baik bagi calon istri karena suami istri mengalami waktu yang menantang, tetapi luar biasa dala hidup bersama.

1. Beri perhatian kepada Istri dan Janin

Sebagai seorang suami perlu mendengarkan kekhawatiran istrinya. Bahkan jika istrinya senang untuk mengharapkan, ia juga takut, gugup atau tidak yakin. Jadilah papan suaranya. Dorong istri untuk berbagi pikiran dan perasaannya dengan suaminya. Dia perlu tahu bahwa suaminya siap sedia untuk istrinya.

Suami yang baik bersedia mengatakan pada istrinya betapa cantiknya istrinya dan betapa suami sangat mencintainya. Dengan semua perubahan fisik yang dialami tubuh, tidak biasa bagi seorang wanita untuk merasa tidak menarik dan tidak diinginkan. Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk menjadi suami yang baik adalah sering memberitahu istri apa yang suami pikirkan bahwa istrinya cantik dan suami beruntung memilikinya dalam hidupnya.

2. Ikut memperhatikan perkembangan Janin

Potretlah istri setiap bulan sebagai cara untuk mengingat kehamilannya. Ini akan memperlihatkan minat seorang suami dalam memperhatikan perkembangan janin serta perubahan yang sedang terjadi. Pastikan untuk bersikap manis dan jangan pernah mengolok-olok ukuran tubuh atau perilakunya.

Sebagai suami, sebaiknya menemani istrinya saat memeriksakan kehamilannya ke dokter atau bidan. Suami harus sadar kapan rencana kelahiran istrinya, sehingga suami akan tahu cara terbaik untuk membantunya melalui persalinannya.

Jangan sampai istri menunggu suaminya di rumah sakit atau rumah bersalin, dimana istri berada di ambang melahirkan. Pastikan seorang suami mengetahui apakah istrinya berencana melahirkan secara alami. Diskusikan pilihan dengan dokter atau bidan sebelumnya sehingga suami dapat memusatkan semua perhatiannya pada istrinya yang mau melahirkan.

3. Membantu menjaga kesehatan Istri

Mengambil alih sebagian tanggung jawab rumah tangganya. Wanita hamil sering harus mengatasi morning sickness dan kelelahan. Mengambil beberapa tugas rumah tangga adalah hal yang sederhana untuk dilakukan, tetapi itu sangat berarti bagi wanita yang menghabiskan seluruh hari merasa mual dan lelah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun