Mohon tunggu...
Farhan Somi
Farhan Somi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S-1 Ilmu Hukum

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cegah Keresahan Masyarakat! Mahasiswa UNDIP Mensosialisasikan BBM Subsidi dan Aplikasi MyPertamina

9 Agustus 2022   21:03 Diperbarui: 9 Agustus 2022   21:11 61 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosialisasi dengan Warga Kp. Kledung, RW 1 Kelurahan Karangturi/dokpri

Kota Semarang (23/7/2022) Per 1 Juli 2022, pertamina telah melakukan uji coba pembelian solar dan pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina

Uji Coba tersebut dilaksanakan pada 11 lokasi di lima provinsi dengan tujuan penyaluran BBM bersubsidi yang lebih tepat sasaran.Walaupun uji coba pembatasan BBM belum diterapkan di Kota Semarang, program ini telah dilaksanakan demi menyiapkan masyarakat serta menghindarkan dari kabar palsu yang beredar, melalui sosialisasi door to door kepada masyarakat Kel. Karangturi, mengenai topik pengaturan hukum BBM Subsidi sekaligus topik terkait Aplikasi MyPertamina.

Lampiran perpres Nomor 191 Tahun 2014, baru mengatur konsumen yang berhak atas bahan bakar solar, dimana sebaliknya pertalite belum diatur, sehingga membutuhkan revisi atas Perpres untuk dapat diberlakukan. 

Apabila kebijakan ini dipandang pemerintah layak diberlakukan di wilayah yang lebih luas, maka perlu dipertimbangkan dampak sosialnya, terkhusus pada masyarakat sasaran KKN Kelurahan Karangturi, Kota Semarang.

/dokpri
/dokpri

“Lalu bagaimana masyarakat yang tidak mempunyai gadget? Apa tidak bisa mendapatkan BBM Subsidi?” tanya Pak Yahmin, salah satu warga Kp. Jambe yang menjadi peserta program ini. 

Pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan pengetahuan warga terkait topik ini belumlah lengkap, dimana telah diberikan jawaban atas pertanyaan tersebut bahwa yang diwajibkan untuk mendapatkan BBM Subsidi ialah bukan memiliki Aplikasi Mypertamina, melainkan mendaftarkan kendaraannya melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Dimana selanjutnya akan didapatkan QRcode yang dapat diprint dan dibawa saat bertrasanksi di SPBU.  

“Bagus sih untuk siap-siap, sekarang saya bisa bantu menjelaskan ke warga lain dan teman-teman saya, semisal kalau saja nanti mobil kantor diharuskan untuk mendaftar,” ujar Pak Bayu, setelah disosialisasikan syarat-syarat sekaligus cara mendaftar. 

Selanjutnya Pak Boby, warga Kp. Kledung juga menyatakan kesannya setelah kegiatan sosialisasi selesai dilaksanakan “program digitalisasi seperti ini ada benarnya juga untuk mendata masyarakat yang tepat untuk mendapatkan BBM Subsidi, semoga harapannya niat tersebut benar-benar tercapai”

Sosialisasi dengan warga Kp. Jambe, RW 2 Kelurahan Karangturi/dokpri
Sosialisasi dengan warga Kp. Jambe, RW 2 Kelurahan Karangturi/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan