Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Divisi Konten Barantum.com

Saya menyukai dunia tulis menulis, baik menulis di media cetak seperti Majalah atau tabloit, juga menulis di media online serta penulisan untuk buku atau laporan perusahaan. Dan termasuk diantaranya menulis untuk pembuatan konsep-konsep program.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Potensi Bisnis Logistik serta Kesiapan Industrinya Selama Pandemi Covid-19

26 Mei 2020   18:00 Diperbarui: 26 Mei 2020   17:51 43 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Potensi Bisnis Logistik serta Kesiapan Industrinya Selama Pandemi Covid-19
sumber: okezone

Bicara soal industri logistik, sejatinya kita sedang bicara soal bagaimana sebuah industri pendukung mampu menjadi salah satu trigger bagi peningkatan industri lainnya. Itulah  yang saat ini terjadi dalam  industri logistik di Indonesia. Kondisinya yang membuat semua sektor industri tergantung kepada industri logistik, maka pada akhirnya membuat semua pelaku industri seakan  sedang mengamati kondisi yang terjadi dengan industri logistik pada saat pandemi covid 19. 

Sekedar mengingatkan prediksi yang di buat pada akhir tahun 2019 dan masuk tahun 2020. Industri logistik memang menjadi salah satu primadona yang akan terus melesat perkembangannya seiring dengan perkembangan dan perubahan tren bisnis yang ada di  Indonesia.

Prediksi bisnis logistik di tahun 2020 akan tumbuh lebih besar dari 30% memang cukup beralasan. Dimana menurut analisa dari ALFI  ( Asosiasi Logistik dan  Forwarder Indonesia) potensi bisnis yang bisa di gali dari industri logistik sendiri cukup besar mencapai Rp40 triliun per tahunnya. Sehingga jika prediksinya di tahun 2020 bisa mencapai kenaikan sebesar 30% maka di tahun 2020 angka pertumbuhan bisnis yang bisa di capai oleh   industri logistik mencapai  lebih dari Rp294 triliun.

Karena di tahun 2019 saja angkanya seperti yang di sampaikan oleh Menteri Perdagangan  Agus Suparmanto akibat adanya revolusi industri yang terjadi di Indonesia. 

Maka  hitung-hitungan yang terjadi pada Gross Marchandise Value ( GMV) atau nlai total transaksi  di bisnis e-commerce saja sudah mencapa US$21 miliar  (Rp294 triliun). 

Prediksi lain yang di sampaikan oleh Agus terus meningkat seiring bertumbuhnya industri ini bisa mencapai US$82 miliar ( Rp1,1 kuadriliun ) pada tahun 2025 jelas mengindikasikan bahwa industri ini akan terus tumbuh.  Itu baru dari sisi bisnis e-commerce saja, belum dari industri lainnya.

Terkait beberapa catatan penting menyangkut pertumbuhan industri logistik yang ada di  Indonesia, maka kita bisa memberikan beberapa gambaran penting terkait kondisi yang saat ini terjadi pada industri logistik : 

(1) Tingginya pertumbuhan industri logistik yang ada di Indonesia, memang di pengaruhi oleh beberapa hal seperti : jumlah penduduk  Indonesia yang  tinggi hingga mencapai 267 juta jiwa, tingkat pertumbuhan ekonomi  Indonesia yang bisa mencapai 5,3%,  luasnya wilayah Indonesia yang mencapai 1,9 juta km2 menjadi salah satu potensi menariknya industri logistik di Indonesia serta besarnya jumlah geografi kepulauan  Indonesia yang mencapai 17.504 pulau dan adanya keragaman komoditas dan budaya di nusantara

(2) Hal kedua yan membuat industri logistik Indonesia tumbuh dan menjadi salah satu bisnis yang menarik adalah karena telah  terjadi perubahan tren belanja yang cukup signifikan di Indonesia. Dimana perkembangan bisnis e-commerce pada akhirnya menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan industri logistik yang ada di Indonesia  

(3) Karena  luasnya wilayah yang ada di Indonesia, maka layanan pengiriman barang dengan menggunakan transportasi udara menjadi salah satu faktor pendorong tingginya angka pertumbuhan industri logistik di Indonesia. Transportasi udara terhadap PDB terjadi peningkatan yang cukup baik dari 35,90% di tahun 2017 menjadi 36,10% di tahun 2018. Dan kondisi ini akan terus meningkat hingga di tahun 2020 yang di prediksi mencapai 39,25% atau senilai Rp 316,7 triliun terhadap PDB ( Product Domistic Bruto).

Sumber: Lokadata
Sumber: Lokadata
BERAGAM MASALAH DAN KENDALA PENGHAMBAT KELANCARAN BISNIS DI SEKTOR LOGISTIK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN