Mohon tunggu...
Bobby Adli Mario
Bobby Adli Mario Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya adalah mendengarkan musik dan berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi 1 Oktober 2022

6 Oktober 2022   14:42 Diperbarui: 6 Oktober 2022   14:45 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bobby Adli Mario
6102101007
Teknik Sipil

TUGAS PASCA GELADI HOMINISASI

Sebelum saya mengikuti geladi hominisasi, saya mengerjakan tugas pra geladi hominisasi terlebih dahulu. Tugas nya adalah saya menonton video Indonesia Raya 3 Stanza dan menonton 1 video pilihan. 

Video pilihan yang saya pilih adalah video tentang kue tradisional yang di zaman sekarang semakin memudar popularitasnya. Keesokan hari nya, saya mengikuti geladi hominisasi, dimana dalam acara itu saya mempresentasikan sebuah topik mengenai "Kantor Pos Sedunia". Dimulai dengan doa dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza, dan Hymne UNPAR, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH). 

Setelah rangakain tersebut selesai, saya Bersama teman-teman kelompok saya diminta untuk mempresentasikan topik yang telah ditentukan. Disana saya banyak bertemu dengan teman-teman baru yang asalnya jauh dari tempat saya tinggal. Kelompok saya terpilih menjadi kelompok dengan presentasi yang terbaik dan berhasil maju ke babak final untuk berkompetisi dengan 2 kelompok lainnya. Namun sayangnya, kelompok saya belum beruntung untuk menjadi juara 1. Dari geladi hominisasi, saya belajar bahwa ternyata keberagaman itu sangat indah, mengingat negara Indonesia ini sangat indentik dengan keberagaman nya, yang menjunjung tinggi toleransi dan rasa saling menghormati satu sama lain. 

Kita perlu menggunakan logika dan Bahasa Indonesia sebagai warga negara, karena dengan logika kita bisa berpikir secara kritis dan tidak menerima segala informasi secara mentah-mentah. Tidak hanya itu, peran Bahasa Indonesia juga sangat penting karena Bahasa adalah identitas negara kita yang harus dijaga dan menjunjung tinggi indentitas negara kita. 

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi hominisasi adalah saya bisa belajar cara menggunakan dan memanfaatkan waktu secara baik, saya juga belajar cara mempresentasikan sebuah informasi dengan baik dan benar, dan bisa belajar bersosialisasi dengan teman-teman yang sebelumnya belum saya kenal. Kemampuan yang bisa saya terapkan dalam kehidupan kuliah setelah mengikuti geladi hominisasi adalah bagaimana cara berpresentasi yang baik, cara mengatur waktu dengan baik dan benar, dan berkomunikasi dengan baik. Cara saya meningkatkan kemampuan berpikir, berbahasa sebagai warganegara adalah dengan banyak bersosialisasi dengan banyak orang, serta dengan banyak mencari referensi-referensi ilmu.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun