Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - mencoba salurkan kebaikan

Sapa: ruangberbagikompasiana@gmail.com Artikel berhak cipta. Literasi untuk donasi bagi yang memerlukan. Terima kasih atas apresiasi dan kunjungan Anda.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

5 Cara "Tega tapi Lega" agar Tidak Terlalu Mudah Meminjamkan Uang

24 Januari 2022   04:40 Diperbarui: 25 Januari 2022   07:50 1810 51 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 cara tega tapi lega agar tidak terlalu mudah meminjamkan uang- Shutterstock via Kompas.com

Menolong sesama dengan meminjamkan uang adalah hal baik asalkan dilakukan dengan bijaksana. 

Sayangnya, tidak semua orang yang telah kita tolong mau bertanggung jawab mengembalikan uang. Kita pun tahu susahnya menagih utang. Apalagi ketika orang yang berutang itu adalah saudara atau sahabat erat. 

Terkadang juga sikap orang yang berutang pada kita sangat memancing amarah. Sudah murah hati kita pinjami uang saat ia mengaku kesulitan, eh ketika kita tagih sesuai perjanjian, malah dia yang marah. Wah, payah.

Ada pula orang yang setelah meminjam uang lupa atau sengaja tidak mengembalikan utang. Ada pula yang lantas menghilang dari pandangan di dunia nyata dan maya.

Menghadapi pribadi yang mengecewakan seperti itu memang perlu sangat sabar dan pengampun. Sapaan ramah perlu berkali-kali kita lakukan dengan harapan ada itikad baik untuk mengembalikan utangnya pada kita.

Nah, sebelum uang kita lenyap di tangan banyak pengutang yang mengecewakan, ada baiknya kita menerapkan 5 cara "tega" tapi lega saat menolak orang yang ingin meminjam uang agar kita hidup lebih tenang. 

1. Jujur menghitung kemampuan keuangan diri dan keluarga sebelum memberi pinjaman

Pada zaman sekarang, pos untuk pengeluaran tak terduga juga sangat penting. Ada yang menyarankan, idealnya dana cadangan tak terduga harusnya minimal sepuluh kali lipat pengeluaran bulanan kita.

Umpama, pengeluaran bulanan keluarga Anda Rp5 juta. Anda sebaiknya memiliki dana cadangan pengeluaran tak terduga minimal Rp50 juta. 

Tidak ada rumus pasti soal ini, tetapi intinya: sangat penting memiliki dana/barang berharga yang mudah dicairkan saat ada kepentingan tak terduga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan