Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - mencoba salurkan kebaikan

Sapa: ruangberbagikompasiana@gmail.com Artikel berhak cipta. Literasi untuk donasi bagi yang memerlukan. Terima kasih atas apresiasi dan kunjungan Anda.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tagar HarunaOut dan SaveSTY: Suporter Timnas Bela yang Benar

17 Januari 2022   19:04 Diperbarui: 17 Januari 2022   19:24 216 16 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tagar HarunaOut dan Save STY, suporter Timnas bela yang benar - dok PSSI

Euforia suporter menyambut prestasi gemilang para pemain Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2020 lalu tetiba diganggu pernyataan salah seorang Exco PSSI.

Dalam wawancara dengan Podcast JPNN, Haruna Soemitro sang Exco PSSI mengkritik STY yang hanya bisa membawa Indonesia sebagai runner-up atau juara kedua Piala AFF 2020. 

Dalam wawancara dengan media, Haruna menyamakan STY dengan pelatih-pelatih sebelumnya yang juga gagal membawa Indonesia juara di ajang regional Asia Tenggara. 

Bukan hanya itu saja pernyataan Haruna Soemitro yang menyulut protes suporter Timnas Indonesia. "Saya justru berharap agar PSSI dalam hal ini jangan hanya terbawa arus kepada soal pemberantasan match fixing. Karena riil match fixing bukan sesuatu yang harus diberantas.. Tapi, sesuatu yang harus dilihat secara proporsional bawah apakah benar ada, baru kemudian kita melangkah ke cara mengatasinya," ucap Haruna.

Pernyataan Haruna soal "match fixing bukan sesuatu yang harus diberantas" sangat membingungkan dan kontroversial. Kalimat itu tidak sepantasnya dikatakan seorang pejabat PSSI yang justru harus memberantas praktik pengaturan skor pertandingan.

Mengatasnamakan "para pelatih klub-klub Indonesia", Haruna juga mengkritik gaya permainan Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong yang lebih menggunakan direct ball alih-alih permainan kaki ke kaki yang diterapkan klub-klub.

Haruna Soemitro juga mengkritik hasil buruk 4-0 kekalahan Indonesia dari Thailand. Sebelumnya dalam laga Sea Games, Indonesia sempat menang 2-0. Menurutnya, ini bukti sahih bahwa STY tidak bisa membawa hasil prestasi untuk Indonesia. Padahal hasil adalah tujuan PSSI mendatangkan STY. 

Mantan manajer Madura United itu pun menyebut rencana STY memainkan pemain naturalisasi akan menutup kesempatan para pemain muda. Umpama, kedatangan Sandy Walsh dinilainya akan menggeser Asnawi Mangkualam.

Suporter Timnas membela yang benar

Menanggapi aneka pernyataan kontroversial Haruna Soemitro, suporter Indonesia menyuarakan tagar HarunaOut dan SaveSTY sejak beberapa hari terakhir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan