Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis untuk berbagi kebaikan

Artikel berhak cipta. Dilarang memuat ulang untuk komersial. Senang berbagi dan belajar kiat nulis. Surel: ruangberbagikompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Waspada, Situs Penjiplak Artikel Bangkit Lagi

4 November 2021   17:44 Diperbarui: 4 November 2021   17:50 289 30 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Waspada situs penjiplak artikel-tangyar dokpri

Obrolan seru di grup WA sebuah komunitas penulis Kompasiana tetiba tergoncang oleh kebangkitan situs penjiplak artikel Kompasiana. 

Ya, situs nakal bernama samaran SG itu sepertinya telah bangkit dari tidurnya. Setahu saya, situs ini telah dilaporkan sejumlah kompasianer kepada Kominfo dan juga pada Kompasiana. 

Sempat situs ini menghilang dari pantauan. Entah terkena blokir atau adminnya sedang beli pisang goreng di bulan. 

Dalam artikel bajakan, memang situs nakal ini mencantumkan nama penulis. Akan tetapi, saya yakin, situs ini tidak pernah meminta izin pemuatan ulang artikel kepada penulis sebagai pemilik asli naskah. 

Tak terhitung berapa penulis Kompasiana yang sudah jadi korbannya. Silakan cek sendiri. Jika ingin tahu nama situsnya, sangat mudah. SG.  Seperti aba aba baris berbaris. 

Situs nakal ini lihai menyembunyikan siapa penanggung jawab dan nihil informasi tentang lokasi kantor. Bisa disimpulkan, pemilik dan pengelolanya tidak beritikad baik. 

Sebuah situs berita dan opini yang bisa dipercaya tentu mencantumkan alamat redaksi, nomor kontak redaksi, dan alamat pos elektronik atau media sosial untuk berkomunikasi dengan kontributor dan pembaca. 

Yang sangat disayangkan, situs nakal ini seakan tidak punya rasa bersalah dan tidak jera juga. 

Godaan mendapat uang dari klik warganet terlalu besar dan tak kuasa dilawan sampai situs ini merampok para penulis konten di Kompasiana. 

Kasihan betul para penulis yang dijiplak. Tulisan dicomot situs abal-abal. Reputasi dilecehkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan