Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - mari majukan literasi

Artikel berhak cipta. Dilarang memuat ulang untuk tujuan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Inilah Peta Bahasa per Provinsi dan Jumlah Bahasa-bahasa Daerah di Indonesia

11 Agustus 2021   10:34 Diperbarui: 11 Agustus 2021   11:21 433 31 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inilah Peta Bahasa per Provinsi dan Jumlah Bahasa-bahasa Daerah di Indonesia
Tembang Macapat - Getty Images via Kompas.com

Setiap 9 Agustus, dunia memperingati Hari Masyarakat Adat Sedunia. Eksistensi masyarakat adat terkait erat dengan bahasa daerah yang perlu dilestarikan agar tidak punah, juga bahasa-bahasa daerah di Indonesia.

Tahukah Anda, ada berapa bahasa daerah di Republik Indonesia? Silakan tebak. Mungkin ada yang mengira, jumlah bahasa daerah di Indonesia sebanyak 400 atau 500 bahasa. 

Jika tebakan Anda mendekati 700 bahasa, Anda nyaris menjawab dengan sempurna. Menurut Data Bahasa di Indonesia Tahun 2018, berdasarkan akumulasi persebaran bahasa daerah per provinsi, bahasa di Indonesia berjumlah 750

Jumlah 750 bahasa tersebut belum termasuk sejumlah bahasa di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat yang belum teridentifikasi. 

Sementara itu, bahasa daerah (tidak termasuk dialek dan subdialek) di Indonesia yang telah diidentifikasi dan divalidasi sebanyak 668 bahasa dari 2.468 daerah pengamatan. Demikian rilis Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada 2018.

Menurut data terbaru pada 2019, bahasa daerah di Indonesia yang telah diidentifikasi dan divalidasi sebanyak 718 bahasa dari 2.560 daerah pengamatan. 

Menurut laman infoplease.com, Indonesia dengan sekitar 700 bahasa daerah hanya kalah dari Papua Nugini yang memiliki sekitar 839 bahasa daerah. 

Sementara itu, menurut laman ethnologue.com, lima besar negara dengan jumlah bahasa daerah terbanyak di dunia adalah sebagai berikut:

1. Papua Nugini: 840 bahasa daerah

2. Indonesia: 712 bahasa daerah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan