Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Yuk ikuti LOMBA MINI menulis Sejuta Kebaikan. Baca artikelnya di akun ini. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Waspada, di Atas Pesawat pun Ternyata Bisa Kecopetan! Ini 5 Kiat Mencegahnya

22 Juni 2021   10:47 Diperbarui: 22 Juni 2021   10:58 123 26 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspada, di Atas Pesawat pun Ternyata Bisa Kecopetan! Ini 5 Kiat Mencegahnya
unsplash.com

"Tiada tempat aman di dunia ini, kecuali bagi Anda yang adalah penjahatnya sendiri"

Kecopetan identik dengan kehilangan barang berharga di tempat umum dan angkutan darat. Akan tetapi, ternyata di atas pesawat pun ternyata orang bisa kecopetan.

Kejadian kecopetan di atas pesawat ini dialami oleh rekan kami yang bepergian beberapa tahun silam sebelum pandemi melanda. Bagaimana bisa orang kecopetan di atas pesawat terbang? Ini kisahnya agar kita waspada.

Pejalan jarak jauh

Rekan kami memang seorang pejalan (traveller) jarak jauh. Aneka negara ia kunjungi dalam rangka tugas utamanya. Mulai dari Asia, Afrika, hingga Amerika dan tentunya Eropa. 

Sebagai pejalan jarak jauh, ia sudah kenyang pengalaman suka duka dalam perjalanan jauh lewat udara. Penundaan penerbangan sampai beberapa hari pun sudah ia alami.

Ia juga pernah kehilangan koper beberapa kali. Akan tetapi, yang paling mengejutkan adalah saat ia kehilangan uang di atas pesawat dalam sebuah penerbangan jarak jauh.

Kecopetan di pesawat ternyata mungkin terjadi

Pada 2016 South African Airways mengumumkan bahwa sindikat pencurian telah menjalankan pencurian terorganisir sewaktu penerbangan berlangsung.

Laporan itu dirilis setelah sejumlah besar uang dicuri dari warga Johannesburg, Warren Becker, saat dia tidur selama penerbangannya dari Johannesburg ke Hong Kong. Seorang saksi mata melihat beberapa pria mengambil tas dari loker di atas kepala dan menggeledahnya di dekat kamar mandi. 

Rekan kami mengisahkan bagaimana ia bisa kecopetan di dalam pesawat yang sedang terbang antarbenua. Tanpa perlu merinci negara asal dan tujuan, kira-kira perjalanan itu memakan waktu sembilan jam di udara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x