Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Yuk ikuti LOMBA MINI menulis Sejuta Kebaikan. Baca artikelnya di akun ini. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Toko Buku Gramedia Mengantarku Jadi Penulis: Sebuah "Pengakuan Dosa"

16 Mei 2021   11:38 Diperbarui: 16 Mei 2021   11:38 614 40 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Toko Buku Gramedia Mengantarku Jadi Penulis: Sebuah "Pengakuan Dosa"
Ilustrasi toko buku Gramedia mengantarku jadi penulis - Instagram @gramedia_jogjasudirman

"Seisi dunia terbuka di hadapanku kala aku membaca" -- Mary McCleod Bethune

Aku anak dari desa. Masa kecilku kujalani di sebuah kota kecil di timur Yogyakarta. Barulah pada masa akhir sekolah dasar, aku pindah ke Kota Jogja. Di kota istimewa inilah, aku pertama kali mengunjungi toko buku Gramedia.

Akan tetapi, harus kuakui bahwa antara aku dan Toko Buku Gramedia ada dua sisi relasi yang unik. Ada sisi terang, ada pula sisi gelap. Bagaimana cerita lengkapnya? Inilah sebuah "pengakuan dosa" untuk Toko Buku Gramedia yang mengantarku jadi penulis.

Kebiasaan membaca di waktu kecil

Aku beruntung dididik oleh orangtua yang gemar membaca. Di rumah kami, bahan bacaan tak pernah kurang. Keluarga kami yang punya warung kecil menyisihkan pendapatan untuk membeli koran dan majalah.

Meski tidak rutin berlangganan, keluarga kami membeli surat kabar dan majalah secara eceran. Bernas, Kedaulatan Rakyat, Bola, Bobo, dan Fantasi adalah sejumlah nama harian dan majalah serta taboid yang menghiasi masa kecilku.

Orangtua juga kadang membawaku dan adik-adikku ke perpustakaan daerah yang tidak begitu jauh dari rumah kami. Di perpustakaan itu, aku paling suka membaca buku cerita rakyat dan dongeng.

Salah satu kisah yang mengesan bagiku adalah Ajisaka dengan surban putihnya yang bisa tergelar panjang secara ajaib. 

Komik dan buku di Gramedia yang menarik hati

Aku bersekolah di sebuah SMP yang berada di kawasan sekitar Toko Buku Gramedia Jogja. Sekadar informasi, toko Gramedia ini berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No.54-56, Kotabaru. 

Toko buku Gramedia Sudirman Jogja kini - Instagram @gramedia_sudirmanjogja
Toko buku Gramedia Sudirman Jogja kini - Instagram @gramedia_sudirmanjogja
Seingatku, toko itu waktu itu bersebelahan dengan kantor redaksi koran Bernas. Kawasan strategis yang ramai dan dekat dengan aneka sekolah dan universitas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN