Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Yuk ikuti LOMBA MINI menulis Sejuta Kebaikan. Baca artikelnya di akun ini. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Klaster Covid-19 pada Acara Ibadah Bertambah, Mari Beriman dan Berpikir Cerdas

4 Mei 2021   06:16 Diperbarui: 4 Mei 2021   06:15 111 15 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Klaster Covid-19 pada Acara Ibadah Bertambah, Mari Beriman dan Berpikir Cerdas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa sejumlah jemaat Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, pada malam Natal, Kamis (24/12/2020).- Kompas/Aditya Putra

Belum lama ini kita dibuat heboh oleh sebuah video yang menunjukkan seseorang yang hendak beribadah diminta melepaskan masker. Padahal, masker itu sangat vital untuk melindungi diri dari Covid-19.

Dilansir Tribunnews, rekaman video viral itu terjadi di sebuah rumah ibadah di Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 27 April 2021 siang. Pria bermasker yang tengah duduk di dalam rumah ibadah tetiba diusir sejumlah orang yang ironinya diduga pengurus rumah ibadah.

Klaster Covid-19 pada acara keagamaan di Indonesia

Sebetulnya Indonesia pun sudah mencatat beberapa kasus klaster (cluster) penyebaran Covid-19 pada acara keagamaan dan ibadah. Berikut ini hanyalah sejumlah contoh saja:

1. Dilansir kompas.com, pada Juni 2020 di Jawa Barat terjadi penularan Covid-19 dalam dua acara keagamaan di Bogor.

Dua acara itu adalah Seminar keagamaan Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, serta Persidangan Sinode Tahunan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) di Kabupaten Bogor. 

Ketika diadakan tes cepat, sebanyak 316 orang reaktif. Belakangan diketahui dari Polymerase Chain Reaction (PCR), 37 orang dinyatakan positif. 

2. Pada Juni 2020, di Situbondo terdapat 42 pasien positif yang berasal klaster jemaah masjid. 

3. Pada Juli 2020, Satgas Penanganan Covid-19 DKI Jakarta mencatat ada tiga gereja dan tiga masjid di ibu kota yang menjadi klaster penyebaran Covid-19. Klaster tiga gereja mengakibatkan 29 kasus positif sementara klaster tiga masjid menyebabkan sebelas kasus positif.

4. Pada Februari 2021, 35 dari 58 peserta pengajian di sebuah masjid di Kulon Progo, DIY terkonfirmasi positif Covid-19.

Klaster keagamaan di luar negeri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN