Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Tiga Kiat Meningkatkan Mutu Artikel Media Massa dan Blog Kita

30 April 2021   23:08 Diperbarui: 4 Mei 2021   07:43 988 55 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Kiat Meningkatkan Mutu Artikel Media Massa dan Blog Kita
Ilustrasi Tiga Kiat Meningkatkan Mutu Artikel - freepik.com

"Mengapa artikel saya ditolak redaksi? Mengapa tulisanku sedikit yang membaca?"

Aneka pertanyaan di atas mungkin pernah muncul di benak kita sebagai penulis. Apa saja tip agar kualitas artikel kita meningkat? Bagaimana kiat-kiat jitu meningkatkan mutu artikel media massa dan blog kita?

Menjadi penulis handal yang menulis artikel bermanfaat bagi banyak pembaca kiranya bisa menjadi salah satu target hidup kita. Menulis adalah berbagi kebaikan pada sesama insan.

Inilah kiat meningkatkan mutu artikel untuk dikirimkan ke media massa dan blog. Ulasan ini memang membahas artikel nonfiksi, terutama artikel opini. Meski begitu, artikel ini tetap relevan dibaca oleh penulis fiksi yang ingin meningkatkan mutu tulisannya.

Pertama, melengkapi argumentasi dengan data pendukung

Banyak penulis (pemula) mengandalkan kebenaran umum dan pandangan umum sebagai senjata utama paragraf anggitan. Misal, "Di Indonesia ada banyak pengguna internet."

Pernyataan di atas tidak salah. Akan tetapi, tanpa data pendukung, pernyataan di atas kurang berbobot. Penulis wajib melengkapi argumentasi dengan data pendukung agar tulisannya berbobot.

Data bisa kita timba dari buku, jurnal, artikel, wawancara, dan aneka cara penggalian data lainnya. Menggali data memang perlu waktu, namun sangat vital dalam penulisan artikel media massa dan blog. 

"Banyak warga pengguna internet di Indonesia. Dilansir kompas.com, jumlah pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini sebanyak 202,6 juta jiwa. Angka ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Keseluruhan jumlah warga Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa."

Dalam artikel blog, kita leluasa menambahkan infografik dan tabel untuk menambah bobot dan pesona visual tulisan kita. Infografik bisa kita ambil dari media lain atau kita buat sendiri. 

Perilaku pengguna internet Indonesia berdasarkan polling APJII, November 2016(APJII)
Perilaku pengguna internet Indonesia berdasarkan polling APJII, November 2016(APJII)
Sangat mudah mencari infografik di mesin peramban. Ketik saja, misal, "infografik NN" atau "data NN". Jangan lupa sertakan sumber asli. 

Sebuah cerpen, novel, dan puisi pun seringkali memerlukan data agar makin ciamik. Para penulis fiksi bahkan rela observasi lapangan dan studi pustaka demi menambah mutu karya fiksi mereka!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x