Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kisah Seru Pedro Castillo, Guru Sederhana Calon Presiden Peru

19 April 2021   06:09 Diperbarui: 19 April 2021   07:24 297 22 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Seru Pedro Castillo, Guru Sederhana Calon Presiden Peru
Pedro Castillo calon presiden Peru - La Encerrona, presented by Marco Sifuentes and produced by Romina Badoino - youtube.com

Jagad politik tak hanya dipenuhi intrik. Politik juga sering diwarnai kisah menarik nan unik. Sudah tahu kisah seru Pedro Castillo, guru sederhana yang jadi kandidat presiden di Peru tahun 2021 ini?

Terdorong oleh penderitaan siswanya

Ketika sekolah-sekolah di seluruh Peru tutup karena pandemi virus korona, Pedro Castillo mencoba agar kegiatan belajar tetap berjalan untuk 20 siswa kelas lima dan enam. Akan tetapi, semua siswanya yang miskin itu tidak punya akses internet.

Di perdesaan miskin di Andes, tujuh belas siswa Pedro Castillo bahkan tidak memiliki ponsel. Tablet yang dijanjikan pemerintah tidak kunjung tiba.
Penderitaan dan kesulitan yang dialami siswa-siswinya nan miskin ini mengundang Pedro Castillo untuk mencalonkan diri sebagai kandidat presiden Peru pada tahun 2021 ini.

Pedro bergabung dengan 18 kandidat lain, termasuk Keiko Fujimori yang adalah putri politikus tenar Peru, Alberto Fujimori. Di luar dugaaan, Pedro Castillo sang guru sekolah dasar itu berada di urutan pertama dalam pemungutan suara 11 April.

Hasil yang menakjubkan itu membuatnya melaju sebagai satu dari dua kandidat dalam pemilihan presiden bulan Juni melawan Keiko Fujimori, salah satu tokoh politik paling mapan di Peru dan putri mantan presiden Alberto Fujimori. 

Pemilu awal hanya diikuti kurang dari 20 persen pemilih

Banyak orang kecewa dengan pemilihan umum tahap awal yang hanya diikuti kurang dari 20 persen pemegang hak pilih di Peru. Beberapa pemilih mengaku, mereka tidak suka dengan Pedro dan Keiko. 

Keiko Fujimori - Congreso de la República del Perú
Keiko Fujimori - Congreso de la República del Perú
Maklum saja, Pedro bukan siapa-siapa dalam percaturan politik. Ia hanya guru dan petani sederhana berusia 51 tahun. Sementara Keiko Fujimori adalah bagian dari dinasti politik ayahnya, mantan presiden Alberto Fujimori.

Akan tetapi, mungkin inilah yang dinamakan mukjizat dalam politik. Pedro Castillo sang guru bersahaja akan adu banteng melawan Keiko Fujimori, sang putri dinasti politik Peru.

Keiko Fujimori sendiri bukan tanpa cela. Ia telah dipenjara atas tuduhan korupsi meskipun dia kemudian dibebaskan. Ayahnya Alberto, yang memerintah antara 1990 dan 2000, menjalani hukuman 25 tahun penjara karena korupsi dan pembunuhan 25 orang. Keiko telah berjanji untuk membebaskan sang ayah jika dia menang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x