Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Deliana dan Ainun Buktikan Wanita Indonesia Mampu Jadi Wasit Sepak Bola

12 April 2021   11:37 Diperbarui: 15 April 2021   20:18 555 34 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Deliana dan Ainun Buktikan Wanita Indonesia Mampu Jadi Wasit Sepak Bola
Deliana Fatmawati wasit wanita dalam sebuah laga di Sleman- Instagram @juniorkaban20

Lazimnya sepakbola dianggap sebagai olahraga untuk kaum pria. Akan tetapi, nyatanya kaum wanita pun bisa secara aktif terlibat dalam sepakbola baik sebagai pemain, pelatih, manajer, maupun wasit profesional.

Deliana Fatmawati dan Ainun Fadillah adalah dua wasit wanita yang membuktikan bahwa wanita Indonesia juga bisa jadi wasit sepakbola profesional. Deliana Fatmawati bahkan telah mendapatkan lisensi FIFA. Artinya, ia bisa menjadi wasit pada laga internasional!

Deliana dan Ainun menjadi dua sosok yang membuktikan bahwa emansipasi wanita Indonesia telah juga merambah dunia perwasitan sepakbola nasional.  

Profil Deliana Fatmawati

Deliana Fatamwati (tengah) - Instagram @juniorkaban20
Deliana Fatamwati (tengah) - Instagram @juniorkaban20

Nama Deliana Fatmawati Kaban tidak asing bagi penggemar sepakbola dan hoki. Wanita yang lahir di Medan pada 1988 ini adalah mantan pesepakbola dan atlet hoki. 

Kecintaannya pada sepakbola sudah tampak sejak kecil. Sempat ditentang orang tua, Deliana baru mendapatkan dukungan setelah dipanggil memperkuat tim nasional sepakbola putri U-17 pada sebuah ajang di Korea Selatan.

Deliana adalah penjaga gawang yang telah dua kali memperkuat timnas wanita dalam cabang olahraga futsal di SEA Games 2011 dan 2013 lalu. Selain piawai bermain sepakbola, Deliana juga piawai bermain hoki. Pada SEA Games 2015, Deliana dipanggil memperkuat timnas hoki wanita.

Tak hanya bermain sepakbola, Deliana juga tertarik untuk menjadi wasit sepakbola. Ia mulai mendalami keterampilan sebagai wasit sejak tahun 2011. Kiprah awalnya berbuah manis. Ia meraih lisensi C3. 

Deliana terus menempa diri dalam dunia perwasitan. Puncaknya, Deliana berhasil mendapatkan lisensi FIFA pada awal 2017 lalu. Sebagai wasit berlisensi FIFA, Deliana dipandang layak menjadi wasit pada laga internasional yang didaftarkan ke FIFA.

Deliana Fatmawati pimpin pertandingan pria - Instagram @juniorkaban20
Deliana Fatmawati pimpin pertandingan pria - Instagram @juniorkaban20
Alumna Jurusan Kepelatihan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UPI Bandung ini menegaskan pentingnya menghormati wasit.  Meskipun wasit tak jarang melakukan kesalahan, pemain dan penonton harus tetap santun. "Tidak perlu emosi, main pukul, tendang, atau lempar sesuatu. Toh setiap pertandingan pasti akan ada evaluasi," kata Deliana sebagaimana dilansir situs PSSI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x