Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

Kunjungi: tunasliterasi.blogspot.com (Belajar bersama penulis muda). Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Menebak Tiga Alasan Jokowi Pilih Listyo Sigit Prabowo sebagai Calon Tunggal Kapolri

13 Januari 2021   18:37 Diperbarui: 27 Januari 2021   18:06 6180 73 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menebak Tiga Alasan Jokowi Pilih Listyo Sigit Prabowo sebagai Calon Tunggal Kapolri
Kolase wartakotalive.com

Listyo Sigit Prabowo akhirnya diajukan sebagai calon tunggal kapolri oleh Presiden Jokowi. Surat berisi pengajuan nama Listyo untuk mendapatkan persetujuan DPR telah diterima parlemen kita pada Rabu (13/1/2021).

DPR akan segera melakukan tes kepatutan dan kelayakan dalam 20 hari ke depan. Diperkirakan pada awal Februari nanti, kita akan mengetahui apakah DPR menyetujui calon tunggal kapolri yang diajukan Presiden Jokowi.

Profil Listyo Sigit Prabowo

Saat ini Komisaris Jenderal Listyo adalah Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri. Jabatan ini telah ia emban sejak 6 Desember 2019 lalu. Listyo lahir di Ambon pada 5 Mei 1969.

Lulusan Akpol 1991 ini terbilang relatif muda. Masih berusia 51 tahun, kariernya melesat cepat. Listyo merintis perjalanan pengabdiannya sebagai anggota polisi dengan menjabat sebagai Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Personel Polda Metro Jaya.
 
Peraih gelar S2 Universitas Indonesia ini dipercaya memegang aneka jabatan penting di Jawa Tengah. Pada 2009 dia menjadi Kapolres Pati. Pada 2010 Kapolres Sukoharjo. Lantas menjadi Wakil Kapolres Kota Besar Semarang pada tahun yang sama. 

Perjumpaan dan kedekatan dengan Joko Widodo terjadi ketika Listyo menjabat sebagai Kapolres Kota Surakarta pada 2011. Pada saat itu Jokowi adalah walikota Surakarta.

Pada 2013, Listyo ditugaskan ke luar Jawa, yakni sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara. Listyo tak lama di luar Jawa. Ia kembali ke ibu kota Jakarta pada 2014.

Ia menjadi ajudan Jokowi yang terpilih pada tahun itu. Setelah dua tahun menjadi ajudan Jokowi, Listo menjadi Kapolda Banten pada 2016. Setelahnya, Listyo menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada 2018, lalu Kabareskrim Polri pada 2019.

Menebak Tiga Alasan Jokowi Pilih Listyo Sigit Prabowo

Apa kiranya tiga alasan yang membuat Jokowi memilih Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kapolri?

Pertama, prestasi Listyo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN