Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

ruangberbagikompasiana@gmail.com. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Lagu Kekeyi Plagiat atau Bukan? Mengulik Ruang Abu-abu antara Plagiat dan "Terinspirasi"

4 Juni 2020   06:10 Diperbarui: 4 Juni 2020   06:26 388 14 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lagu Kekeyi Plagiat atau Bukan? Mengulik Ruang Abu-abu antara Plagiat dan "Terinspirasi"
Kekeyi dalam poster lagu terbarunya yang berjudul Keke Bukan Boneka. (Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23.)

Lagu "Keke Bukan Boneka" karya Kekeyi viral di media. Bukan hanya karena sosok yang menciptakan dan memopulerkan adalah Kekeyi, artis yang unik, namun juga karena belakangan lagu itu diklaim menjiplak bagian dari lagu "Aku Bukan Boneka".

Novi Umar, sang pencipta lagu "Aku Bukan Boneka" yang dipopulerkan Rinni Wulandari (Rini Idol) mengatakan, ia memaklumi Kekeyi yang belum mengerti arti dari karya cipta seseorang. Akan tetapi, Novi Umar menyesalkan mengapa manajemen dan label Kekeyi tidak memperhatikan soal ini. 

Tanggapan Kekeyi

Dalam video wawancara dengan Anji di kanal YouTube Dunia Manji, Kekeyi mengatakan bahwa lagu karyanya itu ia ciptakan demi menghibur masyarakat semata. Tiada niat buruk untuk melanggar hak cipta orang lain.

Kekeyi bahkan telah menelepon Rinni Wulandari untuk meminta maaf jika ada kesalahan yang ia lakukan. 

Kepada Anji, Kekeyi mengaku tidak tahu bahwa ada bagian lagu yang ia ciptakan yang ternyata mirip bagian lagu Aku Bukan Boneka. 

Kasus Lagu Mirip di Indonesia

Dikutip dari skripsi M. Ryan Hernanadi, terdapat sejumlah kasus dugaan lagu mirip yang melibatkan musikus Indonesia.

Lagu band D'masiv "Diam Tanpa Kata" diduga mirip lagu "Awakening" dari band Switchfoot. Lagu Juwita Bahar "Pusing Pala Barbie" dituding menjiplak lagu tenar Meghan Trainor "All About the Bass". Lagu "Cinta Mati" Achmad Dani diduga memiliki kesamaan progresi akor dengan lagu "Twilight Solitude" karya band Jepang, Casiopea.

Dikutip dari situs ini,  lagu Armada "Asal Kau Bahagia" diduga meniru nada lagu salah satu OST Meteor Garden, "Liu Xing Yu". Lagu ini tersua dalam debut studio album Mandarin F4 (2001).

Lagu "Mari Bercinta" Aura Kasih dinilai mirip lagu Sean Paul feat Eve "Give It to You". Aura mengakui kemiripan nada lagu itu, namun ia mengatakan bahwa ia hanya menulis lirik, sementara aransemen lagu dibuat orang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x