Mohon tunggu...
Bobby
Bobby Mohon Tunggu... -

Keberagaman adalah anugerah terindah bagi Indonesia. ruangberbagi@yandex.com Artikel hanya ditulis untuk Kompasiana. Dilarang memuat ulang untuk kepentingan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

"Prank" Pemenang Lelang Motor Listrik Jokowi yang Menghibur Hati

22 Mei 2020   05:32 Diperbarui: 22 Mei 2020   05:36 1464 50 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Prank" Pemenang Lelang Motor Listrik Jokowi yang Menghibur Hati
gridoto.com

Hari Minggu lalu, diadakan Konser Virtual Berbagi Kasih bersama Bimbo: Bersatu Melawan Corona. Dalam konser amal itu, sebuah sepeda motor buatan dalam negeri dilelang. Motor tersebut istimewa karena telah dibubuhi tanda tangan Presiden Jokowi.

Motor tersebut akhirnya dimenangkan oleh M. Nuh. Konon, ia adalah seorang pengusaha asal Jambi. Ia menjadi pemenang lelang motor yang akhirnya terjual dengan harga Rp 2,55 miliar. Belakangan diketahui, M Nuh bukan pengusaha, melainkan seorang buruh.

Ia mengaku ketakutan ketika ditagih uang pembayaran motor listrik Jokowi tersebut oleh panitia. Karena itu, M Nuh datang ke kantor polisi untuk menjelaskan duduk perkara sebenarnya. Ia mengira, acara yang ia ikuti adalah kuis berhadiah motor, bukan lelang motor. 

Tawaran lelang sebesar Rp 2,55 oleh Muhammad Nuh mengalahkan jumlah uang yang sempat ditawarkan pengusaha Manado, Gabriele Mowengkang (Rp 2,5 miliar), politikus PDIP Maruara Sirait (Rp 2,2 miliar), dan Warren Tanoe Soedibyo (Rp 1,550 miliar).

 

Reaksi Beragam

Tentu kabar "prank" pemenang lelang motor listrik Jokowi ini mengundang reaksi beragam. Ada yang menduga, ini upaya mempermalukan pemerintahan Jokowi, khususnya BPIP yang menjadi pemrakarsa acara. 

Akan tetapi, tak ada salahnya juga menduga bahwa "prank" ini memang sebenarnya tidak disengaja oleh M Nuh. "Prank" ini bisa dihindari asalkan panitia menerapkan prosedur ketat bagi peserta lelang. Artinya, peserta lelang tidak akan keliru mengira acara ini sebagai kuis karena sejak awal sudah disaring secara prosedural untuk mengikuti lelang.

Lelang Sistem Terpilih

Dalam lelang sistem terpilih atau selected auction, calon peserta lelang harus memenuhi aneka persyaratan administratif sebelum sungguh menjadi peserta lelang. 

Sebuah perusahaan yang menjual mobil bekas di Indonesia, misalnya, mengharuskan calon peserta lelang mobil untuk mendatar dan menyerahkan deposit sebesar Rp 5 juta sebagai tanda jadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN