Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -hibernasi-

Keberagaman adalah anugerah terindah bagi Indonesia. ruangberbagi@yandex.com Artikel hanya ditulis untuk Kompasiana. Dilarang memuat ulang untuk kepentingan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tak Nikah di Hotel Mewah, Polisi Italia Bantu Warga di Tengah Wabah [Feature dan Foto]

3 April 2020   06:30 Diperbarui: 3 April 2020   06:55 58 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Nikah di Hotel Mewah, Polisi Italia Bantu Warga di Tengah Wabah [Feature dan Foto]
twitter.com/_Carabinieri

Belum lama ini di tengah wabah korona, seorang kapolsek di Indonesia justru menikah di hotel mewah. Yang membuat kita prihatin, tindakan ini melanggar Maklumat Kapolri Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona.

Resepsi pernikahan di sebuah hotel di kawasan Senayan itu dihadiri banyak tamu undangan, termasuk dari kalangan anggota Polri. Juga sejumlah pesohor ikut menghadiri acara yang nekat digelar di tengah risiko korona. Maklum saja, sang pengantin wanita adalah seorang selebgram.

Sang kapolsek akhirnya dicopot dari jabatannya. Suatu konsekuensi logis yang kiranya patut diterima siapa pun yang melanggar perintah atasan.

Lebih dari itu, tindakan nekat nikah di hotel mewah ini sebenarnya hanya tindakan oknum saja. Jauh lebih banyak anggota kepolisian kita yang mengabdikan diri dengan tulus demi melayani warga.

Juga di tengah wabah korona, anggota Polri terus bekerja. Menjaga keamanan sekaligus memastikan berjalannya penanganan wabah korona di lapangan.

Polisi Italia Giat Bantu Warga

Akun Twitter resmi Carabinieri Italia membagikan kisah kiprah anggota kepolisian Italia di tengah wabah korona. Kita tahu, Italia adalah salah satu negara Eropa yang harus mengalami dahsyatnya dampak korona. Sudah ada 110 ribu lebih kasus positif korona dan 13 ribu korban jiwa akibat pandemi ini di Italia sampai 2 April 2020.

Salah satu alasan mengapa banyak jatuh korban meninggal akibat korona di Italia adalah karena populasi Italia yang didominasi kaum lanjut usia. Mayoritas korban meninggal adalah mereka yang memang sudah lanjut usia dan memiliki riwayat sakit sebelumnya.

Banyak kaum lansia di Negeri Pizza ini kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat karantina nasional. Mereka tak dapat leluasa menarik uang di bank dan kantor pos. Mereka tak lagi bisa berbelanja seperti biasa.

Menariknya, warga yang memerlukan bantuan untuk keperluan sehari-hari yang vital bisa menelepon nomor kantor polisi terdekat. Dengan senang hati, anggota kepolisian akan mengusahakan bantuan.

Sangat sering, anggota kepolisian sendiri yang datang ke rumah warga yang memerlukan pertolongan. Polisi Italia sigap membawa bantuan makanan, obat-obatan, dan alat kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN