Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

ruangberbagi@yandex.com. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Corona di Italia dan Spanyol Diduga Terkait Laga Atalanta-Valencia, Ini Analisis dan Hikmahnya bagi Dunia

24 Maret 2020   10:05 Diperbarui: 24 Maret 2020   10:03 139 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Corona di Italia dan Spanyol Diduga Terkait Laga Atalanta-Valencia, Ini Analisis dan Hikmahnya bagi Dunia
Getty Images

Kawasan Lombardia menjadi episentrum penyebaran corona Covid-19 di Italia. Sejauh ini sudah 30 ribu kasus positif corona di Lombardia yang mencakup wilayah metropolitan Milan dan juga kota Bergamo. Wilayah Lombardia dihuni 10 juta orang menurut sensus 2019. 

Banyaknya pasien corona yang meninggal di Italia, khususnya Lombardia memang disebabkan aneka faktor: Italia adalah negara dengan penduduk yang cenderung didominasi orang lanjut usia. Juga di Lombardia, di mana kematian akibat corona mencapai 12 persen dari seluruh kasus corona. Faktor lain adalah bahwa Lombardia adalah pusat ekonomi yang ramai dan padat penduduk sehingga mempermudah penularan.

Akan tetapi, ada faktor lain yang diduga menjadi salah satu klaster penyebaran corona di Lombardia (Italia Utara): sebuah pertandingan sepak bola. 

Aneka surat kabar Italia menyajikan hipotesis bahwa pertandingan Liga Champions antara Atalanta dan Valencia (klub Spanyol) di Stadion San Siro Milan pada 19 Februari diduga menjadi pemicu merebaknya corona di Lombardia, Italia Utara. Pertandingan itu dihadiri lebih dari 44 ribu penonton. 

Sekitar 35.000 pendukung Atalanta datang dari Bergamo ke stadion San Siro 70 kilometer dari kota mereka pada 19 Februari dan hari-hari sebelum dan sesudahnya. Sementara 2.300 suporter Valencia juga turut meramaikan laga itu. 

Presiden Istituto Superiore della Sanità Silvio Brusaferro mengatakan, “Ini adalah salah satu hipotesis yang sedang kami pelajari." 

Analisis Penularan Corona melalui Suporter Valencia

Pada 13 Februari, enam hari sebelum pertandingan, epidemi telah melanda Spanyol selatan. Seorang pria di wilayah Valencia meninggal pada 3 Maret dan dinyatakan positif terkena virus corona. Sangat mungkin di antara 2.500 penggemar Valencia yang tiba di Milan ada yang positif corona dan kemudian menulari banyak pendukung Atalanta dan Valencia.

Bukti lain adalah adanya lima anggota rombongan tim Valencia yang positif corona. Mereka berlima hadir dalam pertandingan menghadapi Atalanta dalam putaran ganda babak 16 Liga Champions. 

Salah satu pemain Valencia yang positif corona adalah bek andalan mereka, Garay. Selain Garay, pemain lain yang positif adalah Gaya dan Mangala. Juga dokter dan anggota staf. Terbaru, dikabarkan jumlah anggota rombongan tim Valencia yang positif corona menjadi sembilan orang, namun tidak disebutkan nama-namanya.

Artinya, seperti dikutip dari siaran pers klub Valencia, 35% anggota rombongan klub yang bertanding di Milan dinyatakan positif corona.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x