Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Yuk ikuti LOMBA MINI menulis Sejuta Kebaikan. Baca artikelnya di akun ini. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengurai Kritik Alissa Wahid soal Hoaks Berenang Bisa Bikin Hamil

23 Februari 2020   06:00 Diperbarui: 24 Februari 2020   05:42 694 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengurai Kritik Alissa Wahid soal Hoaks Berenang Bisa Bikin Hamil
Alissa Wahid-Kompas.com/Syamsul Munir

Baru-baru ini pernyataan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Kesehatan dan NAPZA, Sitti Hikmawatty, soal kehamilan bisa terjadi saat wanita berenang bersama laki-laki di kolam renang menuai kontroversi.

Sitti mengatakan, ini adalah contoh hamil tak langsung (tanpa bersentuhan secara fisik). Ketika dikonfirmasi Tribunjakarta, Hikmawatty menjelaskan pernyataannya tersebut didapat dari jurnal seorang ilmuan dari luar negeri.

Penelusuran Jurnal Ilmiah

Benarkah ada jurnal ilmiah yang memuat soal peluang wanita bisa hamil saat berenang bersama laki-laki di kolam renang?

Penelusuran di mesin pencari tampaknya tak menghasilkan satu pun referensi soal ini. Yang muncul kebanyakan adalah pembahasan soal manfaat berenang bagi ibu hamil. 

Hoaks Lama

Justru ketika kita mencari informasi soal ini, muncul hasil pencarian berupa aneka "berita" soal Magdalena Kwiatkowska, seorang ibu yang mengklaim putrinya yang berusia 13 tahun hamil setelah berenang di sebuah kolam renang di resor wisata Mesir. 

Ternyata, berita yang marak tahun 2009 itu hoaks karena tiga hal: pertama, diunggah situs-situs berita gosip; kedua, tiada kelanjutan akhir kisah tersebut; ketiga, tidak ada bukti tanggapan medis atas berita tersebut. Kemungkinan hoaks ini dibuat demi membuat sensasi dan mendatangkan klik (click bait) saja.

Hoaks semacam ini kembali terulang pada Februari 2016. Beberapa situs web berita palsu menerbitkan artikel yang melaporkan bahwa enam belas gadis hamil setelah berenang di kolam renang yang terkontaminasi air mani seorang remaja putra.

Berita palsu ini awalnya diunggah pada 26 Januari 2016 oleh situs berita palsu World News Daily Report. Hoaks ini kemudian diambil oleh beberapa situs serupa, termasuk Huzlers, Info Nigeria dan Not Allowed To.

Situs plannedparenthood menerangkan, berenang dengan lawan jenis tidak akan menyebabkan kehamilan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN