Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... berbagi itu indah

kontakbobby@zoho.eu

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

6 November Hari Kemasan Isi Ulang Sedunia, Kita Bisa Buat Apa?

6 November 2019   05:44 Diperbarui: 6 November 2019   05:47 914 4 0 Mohon Tunggu...
6 November Hari Kemasan Isi Ulang Sedunia, Kita Bisa Buat Apa?
Sumber foto: Shutterstock

Sejak 1950, terjadi peningkatan dua kali lipat dalam produksi plastik. Sebanyak 75% produksi plastik  dikategorikan sebagai limbah plastik saat ini. Penyebabnya, plastik tidak terurai, tetapi hanya "terpecah menjadi potongan-potongan kecil".

Greenpeace mencatat,  79% dari sampah plastik yang berupa potongan-potongan kecil ini menumpuk di tempat pembuangan sampah atau lingkungan alam. Jika tren negatif ini terus berlanjut, pada tahun 2050, akan ada 12 miliar ton sampah plastik di lingkungan.

Cara Mencegah

Cara mencegah terbuangnya kemasan plastik ke alam ialah dengan mengurangi konsumsi dan ketergantungan kita pada kemasan plastik. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan kemasan isi ulang (refill) yang ramah lingkungan alih-alih plastik tak terurai.

Greenpeace pada tingkat dunia mencanangkan tanggal 6 November sebagai Hari (Kemasan) Isi Ulang Sedunia atau Global Refill Day. Nah, apa yang bisa kita buat untuk mendukung gerakan cinta alam ini?

Aneka Cara Berpartisiasi

1. Beralih ke Kemasan Isi Ulang Ramah Lingkungan

foto: pixabay.com
foto: pixabay.com

Kemasan stainless steel yang tahan karat dapat digunakan berulang-ulang untuk membawa makanan, minuman, dan bekal. Ini jauh berbeda dengan kemasan plastik dan styrofoam yang kebanyakan hanya bisa dipakai sekali saja, lantas dibuang.

Gunakan tumbler alih-alih selalu membeli air minum dalam kemasan plastik sekali pakai. Keuntungan tumbler ialah kemampuannya dipakai berkali-kali dan juga menjaga rasa asli minuman meski terpapar cahaya matahari. 

Beda dengan botol plastik yang begitu terkena cahaya matahari, dapat membuat rasa air menjadi ganjil di lidah. Pernah minum air dalam botol yang sudah lama terkena panas matahari di dalam mobil, misalnya? Bukankah rasanya berubah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x