Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

Kunjungi: tunasliterasi.blogspot.com (Belajar bersama penulis muda). Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Profil Singkat Calon Ibu Kota Baru di Penajam Paser dan Kukar

26 Agustus 2019   15:57 Diperbarui: 26 Agustus 2019   21:17 9032 33 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Profil Singkat Calon Ibu Kota Baru di Penajam Paser dan Kukar
Google Map-via kompas.com

Hari ini, 26 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi calon ibu kota baru dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Lokasi yang Amat Strategis dan Tepat
Menilik lokasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, calon ibu kota baru berada di lokasi yang amat strategis. Kabupaten Penajam Paser Utara baru dibentuk pada tahun 2002 dengan penggabungan 4 kecamatan, yakni Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku.

Sebelumnya, daerah ini adalah wilayah Kabupaten Paser. 

Jumlah penduduk Penajam Paser Utara adalah 190 ribu jiwa menurut sensus tahun 2015. Komposisi penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara berdasarkan agama adalah sebagai berikut: Islam 94.18%, Kristen Protestan 4.29%, Katolik 1.47%, Hindu 0.05%, Budha 0.01%.

Kabupaten Penajam Paser memiliki batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu dan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kertanegara.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Samboja Kota Balikpapan dan Selat Makassar
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser
    Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Bongan Kabupaten Kutai Barat dan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser

Luas wilayah daerah ini 3.333,06 Km2. Kabupaten Penajam Paser Utara berada di jalur perlintasan yang menghubungkan Kaltim dengan Kalsel dan Kalteng. Selain itu, sudah ada pelabuhan penyeberangan di Penajam.

Menurut peta Google, jarak Penajam dengan Kota Balikpapan adalah 69 Km dengan waktu tempuh 2 jam 21 menit, termasuk dengan feri. Jarak Penajam dengan Samarinda adalah 162 Km dengan waktu tempuh perjalanan darat 4 jam 38 menit.

Penerbangan dari bandara di Sepinggan, Balikpapan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta memakan waktu 2 jam 10 menit. Adapun Bandara Paser juga sedang dibangun di atas lahan seluas 213 hektare (ha) di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser.

Setelah sempat terhenti akibat permasalahan hukum, Pemerintah Kabupaten Paser, Kaltim, bertekad melanjutkan pembangunan bandar udara di sana, tahun depan. Rencananya, bandara yang berada di Desa Rantau Panjang, Kecamantan Tanah Grogot, itu diambil alih pemerintah pusat dan pendanaannya bersumber dari APBN. 

Penajam Paser Utara (PPU) adalah salah satu lumbung beras di Kalimantan Timur. Daerah PPU menghasilkan juga sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, beberapa perusahaan besar beroperasi di sini, antara lain perusahaan kehutanan, seperti pabrik kayu lapis dan pabrik bahan baku kertas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN