Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Yuk jadi sahabat di Instagram https://www.instagram.com/ruangberbagikompasiana/ dan https://bit.ly/ruangberbagiFB

Keberagaman: anugerah terindah bagi Indonesia. Surel: ruangberbagi@yandex.com. Dilarang muat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

7 Cara Cintai Kompasiana agar Makin Jaya

31 Juli 2019   08:24 Diperbarui: 31 Juli 2019   15:50 234 25 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Cara Cintai Kompasiana agar Makin Jaya
tangyar (tangkapan layar) Alexa.com -dokpri

Kompasiana ibarat bunga cantik yang perlu diperhatikan agar makin mekar jaya. Menurut laman Alexa.com, Kompasiana per 29 Juli 2019 berada di peringkat 794 dunia. Rerata waktu yang dihabiskan satu pengunjung Kompasiana per hari adalah 3 menit 33 detik. Pengunjung dari Indonesia menyumbang 84.5%, Amerika Serikat 3.2%, Jepang 2.7%. 

Peringkat Kompasiana di Indonesia terbilang baik. Kompasiana menempati peringkat 27. Daftar lengkap situs top di Indonesia menurut Alexa.

Bounce Rate Kompasiana Tinggi

Bounce Rate Kompasiana masih terbilang tinggi: 71,9 %. Apa itu bounce rate? Sederhananya bounce rate adalah rasio pentalan. Rasio pentalan adalah persentase jumlah pengunjung yang meninggalkan situs setelah membaca atau membuka satu halaman. 

Semakin besar nilai rasio pentalan sebuah situs, nilai situs itu turun di mata mesin peramban semacam Google. Jadi, rasio pentalan tinggi bukan sesuatu hal yang baik untuk Kompasiana dan blog-blog lain.

tangyar alexa.com
tangyar alexa.com
Trik Kompasiana Menurunkan Bounce Rate

Di akhir Juli 2019, Kompasiana memasang widget "konten menarik lainnya". Widget ini muncul ketika pengunjung membaca bagian akhir artikel di Kompasiana. 

Pengunjung (pembaca) ditawari artikel lain yang kurang-lebih masih berkaitan dengan artikel yang sedang dibaca. Ini ide yang baik, meski kadang harus diakui, widget ini mengganggu kenyamanan membaca Kompasiana akhir-akhir ini. Saya maklum dengan widget ini karena memang persaingan ketat antar situs berita dan blog terjadi di Indonesia. 

tangyar Kompasiana -dokpri
tangyar Kompasiana -dokpri
Sebenarnya sudah ada trik lama yang digunakan Kompasiana, yakni "Artikel Lainnya" powered by JIXIE. Sayangnya, trik lama ini sepertinya kurang laku sehingga Kompasiana memasang widget "Konten Menarik Lainnya" yang melayang-layang menanti klik dari pengunjung.

Kompasiana Rumah Kita

Kompasiana adalah rumah kita bersama. Sebagian Kompasianer (penulis dan warga Kompasiana) menulis untuk menyampaikan gagasan dan mengekspresikan diri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x