Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... pembelajar

Surel: kontakbobby@zoho.eu. https://ebooks.gramedia.com/books/wanita-wanita-mulia-dalam-alkitab-35-kisah-dan-renungan https://www.instagram.com/p/B1z5sLjHD81/?igshid=y4cu9zl7o7fg

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Jefri Nichol dan Mitos Anak Alim Sudah Pasti Kebal Narkoba

24 Juli 2019   02:23 Diperbarui: 25 Juli 2019   12:19 0 20 6 Mohon Tunggu...
Jefri Nichol dan Mitos Anak Alim Sudah Pasti Kebal Narkoba
Dokpri/Olahan Pemberitaan Suara.com dan Kumparan.com

Jefri Nichol tenar sebagai aktor muda yang telah membintangi aneka film, seperti Dear Nathan, Jailangkung, Surat Cinta Untuk Starla the Movie, Dreadout, dan Hit and Run

Kemarin, sebuah foto di Twitter @saldyowen memajang artikel lawas Jefri Nichol dan artikel berita terbaru tentangnya. Amat kontras. Pada berita Februari tahun 2018 lalu, Jefri mendukung wacana soal artis yang menggunakan narkoba harus mundur dari dunia keartisannya.

"Setuju sih sebenarnya. Karena artis itu sendiri kan public figure yang dijadikan panutan, bakal dijadiin contoh sama orang. Jadi kalau artis yang dijadiin panutan pakai narkoba, semakin banyak orang pakai narkoba. Apalagi anak muda," tutur Jefri, yang dalam artikel disebut memiliki imej "artis alim" yang tidak merokok.

Saat ditanya apa banyak godaan dari pengedar narkoba padanya, Jefri Nichol saat itu menjawab, "Pasti lah. Banyak banget (yang menawarkan). Apalagi di lingkungan (rumah) gue bukan lingkungan yang elite banget, banyak banget yang nawarin. Jadi kuat-kuat iman aja kalau di lingkungan yang bronx lah bisa dibilang."

Dalam artikel terbaru, Jefri Nichol, sang aktor muda pujaan milenial ini dikabarkan ditangkap karena kepemilikan ganja. Jefri ditangkap di rumahnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Senin (22/7) sekitar pukul 23.30 WIB. Polisi yang menggeledah rumahnya menemukan ganja 6,01 gram di kulkas Jefri.

Mitos-mitos "Anak Alim" dan Tak Merokok Kebal Narkoba
Kabar penangkapan Jefri Nichol mengejutkan publik. Apalagi, baru-baru ini, artis Nunung Srimulat ditangkap polisi karena kasus kepemilikan narkoba.

Kabar penangkapan Nunung dan Jefri Nichols menambah panjang daftar artis yang terjerat narkoba. Pada Februari 2018 lalu, Jefri Nichol sendiri menyatakan keprihatinannya setelah mengetahui 4 selebriti dibekuk polisi. Mereka antara lain Fachri Albar, Roro Fitria, Dhawiya Zaida, dan Rizal Djibran. Siapa mengira, Jefri Nichol yang tidak merokok dan tampak alim akhirnya ditangkap dengan dugaan kepemilikan ganja.

Mantan manajer Jefri Nichol, Baetz yang lama mengenal Jefri juga tak menduga. Jefri yang ia kenal adalah "anak alim" yang tidak merokok dan tidak pernah membuat masalah.

Ciri-Ciri Umum Pengguna Narkoba
Banyak situs kesehatan terpercaya mencantumkan tanda-tanda atau ciri-ciri umum pengguna narkoba. Apa saja ciri-ciri umum pengguna narkoba?

Mengutip situs marrinc.org, ciri-ciri umum pengguna narkoba dapat dibagi menjadi tiga bagian:

  1. Tanda-tanda Fisik Pecandu Narkoba
    (Tergantung pada jenis narkoba yang digunakan) pecandu narkoba bisa amat aktif atau amat pasif, suka mengulang-ulang pembicaraan, mata sering merah, hidung sering mengeluarkan lendir meski tidak sedang sakit flu, tampak pucat atau kurang gizi, baju tak dipakai dengan semestinya (tampak berantakan), tampak kurus, kebiasaan makan berubah, bau badan berubah terutama karena mulai tak peduli kebersihan diri.

  2. Tanda-tanda Perubahan Perilaku Pecandu Narkoba
    Pecandu narkoba biasanya lalai mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan, bermasalah di sekolah atau tempat kerja, lupa janji penting, menutup diri, berbohong mengenai kegiatannya, tidur tak nyenyak, sering meminta uang.

  3. Tanda-Tanda Perubahan Emosi Pecandu Narkoba
    Pecandu narkoba biasanya mudah marah, terlalu membela diri, hilang minat pada hal-hal atau pribadi yang tadinya menarik baginya, mengalihkan pembicaraan saat disinggung mengenai narkoba atau perubahan dirinya akibat narkoba, suka menyalahkan orang lain.

Tanda-tanda Umum Bukan Kepastian
Patut disadari, ciri-ciri umum pecandu narkoba di atas hanyalah berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kemungkinan seseorang sebagai pecandu narkoba. Ciri-ciri umum pecandu narkoba dapat juga tampak dalam diri orang yang ternyata tidak kecanduan narkoba, tetapi sedang mengalami masalah psikologis lain. Singkatnya, tanda-tanda umum seperti mata memerah dan tampak pucat tidak bisa memberikan kepastian bahwa seseorang sungguh kecanduan narkoba. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x