Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... pembelajar

Mau Ikut? http://bit.ly/BelajarNulisFeatureGratis

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Davin Kirana, "Artis Korea" Putra Bos Lion Air Jadi Menteri Perhubungan Jokowi?

11 Juli 2019   14:25 Diperbarui: 11 Juli 2019   14:58 0 14 1 Mohon Tunggu...
Davin Kirana, "Artis Korea" Putra Bos Lion Air Jadi Menteri Perhubungan Jokowi?
instagram/davidkirana

Baru-baru ini beredar di grup Whatsapp Susunan Kabinet Indonesia Kerja 2019-2024. Kita tahu, kabar tidak resmi semacam ini tidak bisa dipercaya. Akan tetapi, tidak ada salahnya mencermati nama-nama yang dimunculkan dalam "kabinet Whatsapp" itu karena mungkin saja nama-nama itu sedang dinilai oleh Jokowi-Ma'ruf dan para penasihat. 

Salah satu nama milenial yang muncul dalam "kabinet Whatsapp" itu adalah Davin Kirana sebagai "calon" menteri perhubungan. Lucunya, dalam daftar viral itu, namanya ditulis sebagai Kevin Kirana. Ini menunjukkan bahwa pembuat "kabinet Whatsapp" itu belum mengenal siapa Davin Kirana. Maklum saja, kita lebih mengenal ayahnya. Siapa lagi kalau bukan Rusdi Kirana, pendiri Lion Air yang kini jadi Dubes RI untuk Malaysia.

Rusdi Kirana adalah pengusaha yang terjun ke politik. Rusdi pada tahun 2014 pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain itu, ia juga pernah ditunjuk Jokowi menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Karena itu, sejatinya Rusdi Kirana dekat dengan Jokowi. Tak menutup kemungkinan, Davin masuk radar Jokowi dalam penjaringan menteri juga karena faktor "kedekatan politik" antara ayah Davin dan Jokowi.

Profil Davin Kirana
Davin yang lahir di Jakarta,  22-04-1996 ini baru berusia 23 tahun. Mengutip situs JariUngu.com, pendidikan terakhir Davin saat mencalonkan diri sebagai caleg adalah SMA/sederajat. Data menunjukkan, Davin Kirana masuk Washington Community College System pada tahun 2015 dan tamat tahun 2018. Status pekerjaannya adalah pengusaha. 

Dalam Pemilu 2019 lalu, meski ayahnya pernah jadi petinggi PKB, Davin Kirana, si anak sulung justru memilih partai Nasional Demokrat sebagai kendaraan politiknya. Davin Kirana mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Periode 2019-2024 untuk Dapil DKI Jakarta II. Dapil Jakarta II meliputi Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kepulauan Seribu dan Luar Negeri.

Davin sering mengikuti ayahnya dalam acara resmi kenegaraan di Malaysia setelah Rusdi Kirana ditunjuk Jokowi sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia pada Kamis 18 Mei 2017.

instagram/davidkirana
instagram/davidkirana
Menariknya, meski berasal dari keluarga berada, Davin tak sungkan berbaur dengan masyarakat terutama TKI yang ada di Malaysia.

Kontroversi Davin Kirana
Dalam Pemilu 2019 lalu, Davin Kirana sempat mendapat sorotan media massa setelah ditemukannya sejumlah surat suara di Malaysia yang sudah tercoblos pada namanya. Tuduhan yang beredar adalah bahwa ada kecurangan masif dan terstruktur untuk memenangkan Davin yang adalah putra Dubes RI untuk Malaysia.

Akan tetapi, tuduhan itu hingga kini belum dapat dibuktikan. Tambah lagi, Davin akhrinya tak lolos ke Senayan sebagai anggota DPR. Metode konversi suara partai ke kursi DPR dari Dapil DKI II (metode Saint Lague) hanya mengalokasikan 7 kursi wakil rakyat di Senayan. Di dapil itu, Partai NasDem meraup 126.439 suara. Namun, Davin Kirana hanya mampu meraup 17.394 suara. Ini tidak cukup untuk mengantarnya jadi anggota DPR.

Davin Kirana dan Visinya untuk Rakyat
Foto berikut adalah foto kampanye Davin Kirana:

facebook official_nasdem
facebook official_nasdem
Narasi kampanye Davin Kirana adalah "Berbakti kepada Negeri, Muliakan TKI". Strategi kampanye Davin waktu itu sebenarnya cukup jitu. Ia menyediakan call center aduan bagi TKI yang memerlukan bantuan. Ia juga rajin mengunjungi TKI di Kuala Lumpur dan antero Malaysia. Karena itu tak heran, meski masih muda dan baru saja terjun ke politik, Davin Kirana mendapat 17 ribu suara. Suatu pencapaian yang baik untuk politisi pemula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x