Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... pembelajar

Mau Ikut? http://bit.ly/BelajarNulisFeatureGratis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Drama Ojol: Penumpang Bayar Pakai Beras, Apa Reaksi Driver?

9 Juli 2019   06:59 Diperbarui: 9 Juli 2019   07:11 0 9 1 Mohon Tunggu...
Drama Ojol: Penumpang Bayar Pakai Beras, Apa Reaksi Driver?
kolase foto swadayaonline-balimoto

Akun Instagram Gojek 24 jam @gojek24jam mengunggah kisah nyata yang menggugah. Seorang penumpang bernama Dika mengisahkan kisah nyata nan mengharukan. Pada 28 Juni 2019 sekitar pukul 16.30 Dika mendapat panggilan wawancara kerja di Jalan Maulana Yusuf, Bandar Lampung

Saat itu Dika yang berstatus sebagai anak kos baru saja mendapat masalah. Kartu ATM miliknya ditelan mesin. Hanya tersisa uang Rp. 2.000 di sakunya. Dika berusaha meminjam uang dari kawannya. Namun karena "tanggal tua", temannya juga sama-sama tidak punya uang tunai. 

Dika tak ingin kehilangan kesempatan wawancara kerja. Ia tahu bahwa untuk membayar ojek online ke alamat tempat wawancara, ia memerlukan sekitar Rp 12 ribu. Karena tidak berhasil mendapat pinjaman uang tunai dari teman, Dika memutar otak. Tiba-tiba muncul ide untuk membayar ojek online dengan beras yang ia miliki.

Dika akhirnya nekat memesan ojek online. Kepada abang ojol, ia mengatakan bahwa ia siap membayar jasa ojol dengan beras. Sebenarnya Dika sempat ragu, apakah abang ojol mau menerima permintaan itu.

Reaksi Driver Ojol Mengejutkan

Driver ojek online yang mendapat pesanan dari Dika bernama Robertus Fernanda. Robertus menerima "penawaran beras" dari Dika. Dengan senang hati Robertus mengantar Dika ke tempat wawancara kerja yang ternyata lumayan jauh juga jaraknya dari kos Dika.

Dika menulis, "Saya sempat ragu karena takut ditolak sedangkan saya harus wawancara sore itu. Dan Alhamdullilahnya Mas Ojek menyanggupinya. Dalam hati saya sangat bersyukur atas kebaikan mas Ojek ini. Zaman sekarang masih ada orang baik. Namanya mas Robertus Fernanda. Kalo gak ada mas-nya mungkin saya gak akan pergi wawancara. Cari kerja jaman sekarang susah kan...Saya terharu sekali. 

Dika melanjutkan kisahnya. Sesampai di tempat tujuan, Dika hendak memberikan beras. Sang driver ojol, Robertus menolak. Dika menulis kepada admin perusahaan ojek online, "Mohon diapresiasi mas Robertus ini, Min...Semoga mas Robertus dapat diberi rejeki yang berlimpah atas kerja keras dan sikapnya."

Berbisnis dengan Hati

Sikap driver ojol bernama Robertus Fernanda dari Bandar Lampung menunjukkan teladan bisnis yang dijalankan dengan hati. Driver yang murah hati ini membuktikan bahwa mengejar keuntungan materi bukanlah segalanya dalam berbisnis. Menolong orang lain yang memerlukan pertolongan jauh lebih penting dari sekadar mengeruk keuntungan.

Ditinjau dari segi bisnis, kesetiaan konsumen pada suatu perusahaan akan meningkat bila pelaku bisnis menjalankan bisnisnya dengan hati. Pelaku bisnis harus memperlakukan konsumen sebagai pribadi yang harus dilayani dengan baik, bukan hanya menganggap konsumen sebagai objek.

Salut untuk Robertus Fernanda dan Dika, dua pribadi istimewa yang menjadi lakon drama ojek online yang mengharukan ini.