Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... pembelajar

kontakbobby@zoho.eu. Buku Perdana= http://bit.ly/Wanitamulia Buku Kedua= http://bit.ly/SantoYusuf

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Kaesang Si Raja Pisang, Sukses Karena Dia Anak Presiden?

17 Juni 2019   10:59 Diperbarui: 17 Juni 2019   11:00 0 10 3 Mohon Tunggu...
Kaesang Si Raja Pisang, Sukses Karena Dia Anak Presiden?
riau24.com

Apa yang segera terlintas di benak kita saat mendengar kata Kaesang? Dalam benak saya, segera muncul pisang nugget, jualan Kaesang. 

Ya, Kaesang kini identik sebagai si raja pisang nugget. Sang Pisang, toko pisang nugget Kaesang sudah memiliki lebih dari 50 cabang di antero Indonesia.

Mendengar kisah sukses bisnis pisang nugget Kaesang, cukup banyak orang berkomentar bahwa Kaesang sukses karena dia anak presiden Joko Widodo. "Ya iyalah, bapaknya Presiden. Pasti gampang urusan izin usahanya." atau "Coba kalau Kaesang bukan anaknya Jokowi, apa bisa sukses dalam waktu singkat?" atau "Promosi produknya gampang. Kebantu popularitas bapaknya".

Oke, mari kita cermati apakah segala kenyinyiran pada sukses Kaesang si Raja Pisang Nugget benar atau salah atau separuh benar-separuh salah?

Modal Awal dan Kejelian Lihat Potensi

Kaesang, putra bungsu Presiden Jokowi memulai bisnis pisang nugget sejak akhir 2017. Tahu berapa modal awalnya? "Hanya" Rp 60 juta. Tidak sangat besar.

"Sang Pisang ini kita mulai sejak November 2017 ya. Modalnya di bawah Rp 100 juta, di bawah Rp 60 juta. Melihat ada oh ini ada potensi, celah sedikit yang bisa bikin untung, ya sudah (berbisnis)," tutur Kaesang pada akhir 2018 lalu.

Menariknya, Kaesang tidak sembarangan memulai bisnis tanpa melakukan riset pasar. "Yang pasti untuk Sang Pisang kita butuh research and development. Jadi kita butuh waktu sampai tiga bulan sampai orang-orang 'oh ini emang makanan enak'. Jadi saya nggak sembarangan punya pisang goreng terus jual," kata pemuda yang lahir 25 Desember 1994 (usia 24 tahun) ini.

Sempat "Diremehkan" Jokowi

Jokowi melalui unggahan Instagram miliknya, Minggu (10/2/2019) sempat meremehkan bisnis pisang nugget kreasi Kaesang.

"Apa sih ini pisang goreng nugget ini? Kenapa Kaesang tak mau mengurus perusahaan mebel yang saya rintis dari nol?," tanya Jokowi.
Jokowi baru menaruh perhatian kepada bisnis sang anak setelah mengetahui Sang Pisang sudah memiliki 54 cabang. 

Pengusaha mebel itu meneruskan komentarnya dengan menyinggung ongkos produksi dan omzet usaha Kaesang. "Ternyata, dihitung-hitung, pabrik saya sendiri sudah kalah oleh Sang Pisang. Bagaimana bisa?" tanya Jokowi. 

Kaesang, Teladan Bangun Karir Enterpreneur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x