Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

ruangberbagi@yandex.com. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

[Dizz10Y] Ngeblog itu Harusnya Nambah Kawan, Bukan Musuh

31 Mei 2019   13:54 Diperbarui: 31 Mei 2019   14:08 140 13 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Dizz10Y] Ngeblog itu Harusnya Nambah Kawan, Bukan Musuh
dok Himam Miladi

Membaca kisah Pak Dizzman bertajuk "Di Balik Keakraban Para Blogger", saya yang bukan blogger pro ini jadi tahu lika-liku dunia ngeblog profesional.

Rupanya ada saling sikut di balik keakraban para blogger dalam aneka acara kumpul bareng, kopi darat, dan seterusnya.

Sebabnya? "Sila pertama" tandingan sila pertama Pancasila. Bunyinya, "Keuangan yang mahakuasa".

Ya. Uang. Honor. Duit. It is all about the money

Pak Dizzman menulis demikian "Para blogger berlomba mengais rezeki bahkan hingga mengorbankan pertemanan demi meraih proyek yang nilainya mungkin tak terlalu besar. Apalagi kalau ada lomba blog atau pemilihan blogger, pasti akan timbul pro kontra walau belum berujung pada konflik fisik."

Ia melanjutkan, "Uang dan sejenisnya, termasuk kebanggaan, bahkan sekedar berburu goody bag, telah membuat sebagian blogger melenceng dari filosofi nge-blog itu sendiri."

Kembali ke Fitrah Seorang Narablog

Dalam tulisan Event Satu Dasawarsa bersama Kompasiana, Pak Dizzman secara bijak mengajak narablog kembali ke fitrah narablog. 

"Kita bergabung di K tidak hanya sekedar sharing pengetahuan saja, tapi juga connecting dengan sesama K'ers yang lain, bahkan hingga ke luar kota bergabung dengan Bolangers dan K-Jogs. Itulah yang menurut saya pembeda Kompasiana dengan blog-blog sejenis. Blog-blog lain hanya mengedepankan sharing tapi tanpa connecting sama sekali, malah terkesan garing," tulisnya.

Tentang sharing dan connecting ini, Pak Dizzman memberi contoh nyata saling  sapa. "Sayapun mulai mengubah gaya, yang dulunya cuma datang kopdar terus pulang, sekarang dengan adanya medsos saya mulai lebih aktif ngobrol dengan sesama Kompasianers sesuai dengan motonya Sharing and Connecting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN