Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Yuk ikuti LOMBA MINI menulis Sejuta Kebaikan. Baca artikelnya di akun ini. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Anak-anak Dilibatkan dalam Demo 22 Mei, Salah Siapa?

24 Mei 2019   15:00 Diperbarui: 24 Mei 2019   15:05 354 13 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anak-anak Dilibatkan dalam Demo 22 Mei, Salah Siapa?
Sumber gambar: pixabay.com

Mengutip keterangan pers ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto, ternyata demo 22 Mei lalu melibatkan sejumlah  remaja dari Sukabumi. Para remaja yang masuk dalam kategori bawah umur itu bahkan telah membawa surat pernyataan mewakafkan diri pada aksi 22 Mei. 

KPAI meminta polisi mengungkap dalang mobilisasi anak dalam aksi tersebut. "Adanya 14 remaja Sukabumi yang membawa surat wasiat untuk diwakafkan dalam aksi 22 Mei 2019. Kami meminta polisi mengungkap secara cepat dan cermat. Siapa dalang di balik mobilisasi anak tersebut. Ini tak boleh terjadi. Negara tak boleh kalah dengan pelaku eksploitasi anak," kata Susanto, Jumat (24/5/2019).

Sekadar catatan, UU nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak pasal 1 mendefinisikan anak demikian: "Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan."

Bukan Isapan Jempol

Sementara itu, pencegahan yang dilakukan Polres Sumedang jelang demo 22 Mei menghasilkan suatu yang mengejutkan. Polisi berhasil mengamankan tiga remaja dari Tasikmalaya  yang hendak ikut demo di Jakarta untuk memrotes hasil Pemilu.

Ketiga anak itu dicegah aparat keamanan di Jalan Raya Nagreg-Bandung, Selasa (21/5/2019) malam. "Kita sedang melakukan kegiatan, tiba-tiba ada tiga orang anak di bawah umur yang ngakunya mau pergi ke Jakarta untuk ikut demo," ucap Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo.

Liputan Warganet

Beredar video dan foto bukti keras keterlibatan anak bawah umur dalam demo 22 Mei lalu. Saya tidak dapat menayangkan foto mereka di sini karena tidak pantas dibagikan. Sila mencari sendiri di Twitter dengan kata kunci "anak demo 22 Mei".

Di salah satu akun Facebook warga yang adalah seorang fotografer amatir, tersua pula foto anak yang ikut berdemo. Sang pengunggah foto merasa amat kecewa dengan pihak yang membiarkan anak terlibat dalam demo politik yang akhirnya berakhir rusuh.

Menyesalkan Pelibatan Anak dalam Demo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x