Mohon tunggu...
Bobby Steven MSF
Bobby Steven MSF Mohon Tunggu... pembelajar

Surel: kontakbobby@zoho.eu. Siap bantu penulis (pemula) yang ingin nulis di Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Semerbak Puspa di Pusara Mama

26 Mei 2019   07:03 Diperbarui: 26 Mei 2019   07:14 0 10 2 Mohon Tunggu...
Semerbak Puspa di Pusara Mama
pixabay.com

Aku terbangun oleh hangatnya sinar mentari pagi yang menembus jendela kamarku. Aku segera bangkit dari tempat tidurku. Kupandang kalender di sebelah foto kedua orang tuaku saat mereka menikah. Sebuah lingkaran menandai  hari ini, tanggal 26 Mei. Satu hari setelah ulang tahunku yang ke-20.

Pada tanggal inilah, dua puluh tahun lalu, Mamaku berpulang ke rumah Tuhan. Tak seperti anak-anak lain yang bertumbuh dalam dekapan kasih ibu, aku tak pernah satu detik pun merasakan hangatnya dekapan kasih Mama. Mama meninggal beberapa jam setelah melahirkanku, putri tunggalnya.

Ketukan di pintu kamar membuyarkan lamunanku. "Santi, sudah bangun?" tanya Papaku dari balik pintu. 

"Sudah, Pa", sahutku. 

"Jangan lupa masukkan bunga tabur ke bagasi mobil, ya. Kita berangkat satu jam lagi."

***

Dengan mobil sedan tua, kami berangkat ke sebuah pemakaman di luar kota Salatiga. Letaknya di kaki sebuah bukit di daerah wisata Kopeng. Dari daerah itulah Mama berasal.

Mamamu dulu kembang desa. Cantik sepertimu. Kami pertama berjumpa saat ada kemah mahasiswa di desa Mamamu. Saat itu Papa jadi ketua mahasiswa yang harus mengurus izin ke kepala desa. Waktu itu hujan deras. Papa naik motor dari Semarang. Boncengan dengan teman yang badannya lumayan gemuk. 

Beberapa meter dari rumah Pak Kades, ada turunan tajam. Papa lambat mengerem. Motor oleng di jalan berlumpur itu. Akhirnya kami berdua nabrak pohon pisang di depan rumah Pak Kades. Luka sih nggak serius, tapi baju kami belepotan lumpur.

Begitu mendengar suara tabrakan, Pak Kades dan putrinya keluar rumah. Duh, malu benar Papa waktu itu. Ganteng tapi penampilan seperti kerbau. Pak Kades dan putrinya mempersilahkan kami masuk rumah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
Rei
26 Mei 2019