Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... pembelajar

kontakbobby@zoho.eu. Buku Perdana= http://bit.ly/Wanitamulia Buku Kedua= http://bit.ly/SantoYusuf

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Surabaya Punya 70 Taman Baru, Jakarta Cuma Punya Segini

22 Mei 2019   07:26 Diperbarui: 22 Mei 2019   07:30 0 6 3 Mohon Tunggu...
Surabaya Punya 70 Taman Baru, Jakarta Cuma Punya Segini
suarasurabaya.net

Saya terkesima melihat kiprah Ibu Risma, wali kota Surabaya dalam membangun kota berkonsep hijau. Baru-baru ini, beliau meresmikan satu dari 70 taman baru di Kota Pahlawan Surabaya. 

Surabaya Pusat memiliki empat taman baru, Surabaya Utara 10 taman, Surabaya Selatan 16 taman, Surabaya Timur 26 taman, dan Surabaya Barat 14 taman.

Taman Multifungsi

Taman yang Risma resmikan adalah Taman Ex Incinerator, bagian dari Taman Harmoni Keputih. Taman Harmoni Keputih luas lahannya mencapai 2,8 hektar. Adapun lahan yang sudah dibangun baru sekitar 1,2 hektar. Menariknya, sesuai namanya, taman ini berada di atas bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Sudah 11 tahun tanah itu tertimbun sampah.

Wali kota perempuan pertama Surabaya itu menjelaskan, taman Ex Incinerator adalah taman multifungsi. Warga bisa memanfaatkan teater terbuka berbentuk lingkaran dan ruang khusus pameran hasil karya warga Surabaya. 

Risma mengharapkan agar kehadiran taman baru ini membuat warga Surabaya dapat menyalurkan kreativitas mereka. Selain itu, di sejumlah taman akan dibangun pula sentra kuliner sehingga pedagang dapat terangkat ekonominya. Warga pun akan makin rajin bersosialisasi di taman sembari menikmati kelezatan kuliner Surabaya.

Sumber Pendanaan mirip Ide BTP

Menariknya lagi, Risma menerapkan kebijakan serupa Basuki Tjahaya Purnama. Risma tak semata menggantungkan sumber pendanaan taman-taman baru itu dari APBD Surabaya saja. Seperti BTP, Risma juga meminta perusahaan memanfaatkan dana CSR untuk membangun ruang publik berupa taman-taman nan hijau menawan. 

Konsep Unik untuk Setiap Taman Baru

Dengan kehadiran 70 taman baru, kini Risma mengklaim Surabaya memiliki 500 taman sebagai paru-paru kota.

Lantas, apakah warga akan bosan melihat taman-taman baru? Risma menjawab tantangan ini dengan cerdas. "Setiap taman yang saya bikin selalu punya konsep yang berbeda, lagi pula kalau didesain sama, masyarakat akan bosan datang ke taman karena semua sama," imbuhnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4