Bobby Steven MSF
Bobby Steven MSF Relawan

Suka berteman dengan siapa saja. Sila hubungi kontakbobby@zoho.eu. Menulis untuk berbagi kebenaran dan kebaikan.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

AHY, BTP, Sandi, Najwa Calon Menteri dan Pejabat Kabinet Baru Jokowi

16 Mei 2019   16:10 Diperbarui: 16 Mei 2019   16:23 2605 14 6
AHY, BTP, Sandi, Najwa Calon Menteri dan Pejabat Kabinet Baru Jokowi
detik.com-pertemuan 6 Maret 2019

Mata saya berbinar-binar membaca dokumen Konsultasi Publik Calon Menteri Kabinet Kerja II Jokowi-Maruf 2019-2024. Sayangnya, tidak banyak informasi mengenai siapa yang membuat dokumen itu. Yang ada hanyalah informasi alamat surel pengunggahnya, yakni kabinetusulanpublik@gmail.com.

Yang jelas, nama-nama menteri terkini yang dikabarkan terkait kasus korupsi tidak tercantum dalam dokumen tersebut. 

Baca artikel tentang nama tiga menteri terkait sidang korupsi:https://www.kompasiana.com/bobby18864/5cd050f46c329d7e174b4b96/tiga-menteri-ini-akan-jadi-korban-reshuffle-jokowi-siapa-lagi

Sumber penulisan artikel saya tentang nama-nama calon menteri Kabinet Kerja II dapat Anda temukan di bagian akhir artikel ini.

Sayangnya, hari ini dokumen yang diunggah kabinetusulanpublik@gmail.com sudah tidak menerima respon masyarakat. Namun bukan berarti kita tidak bisa lagi mengaksesnya. Kita bisa melihat diagram hasil tanggapan warga terhadap nama-nama kandidat menteri. Tercatat ada 14.627 tanggapan.

Yang Muda, Cantik, dan Cerdas Yang (Akan) Berkarya?

Daftar konsultasi publik calon menteri Jokowi-Ma'ruf tersebut memuat sejumlah milenial. Milenial saya artikan dalam arti yang sangat luas sebagai generasi muda.

Ada nama Grace Natalia Louisa, yang lebih tenar dikenal sebagai Grace Natalie. Ia lahir 4 Juli 1982. Politisi berusia 36 tahun ini adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, partai yang berani mendobrak kebekuan politik yang didominasi generasi zaman old.

Partainya melakukan banyak terobosan, antara lain mengadakan seleksi transparan untuk caleg-calegnya. 

Selain itu, ada nama presenter ternama Najwa Shihab. Program Mata Najwa dan Narasi TV yang dibawakannya membahas tema-tema aktual, mulai dari kisruh sepak bola nasional hingga isu politik terkini.

Grace Natalie dan Najwa Shihab "bersaing" sebagai kandidat menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.  

AHY "Bersaing" dengan BTP

Ada nama Agus Harimurti Yudhoyono, putra SBY. Ia lahir 10 Agustus 1978. Politisi muda berusia 40 tahun ini sudah mulai berkiprah di dunia politik sebagai calon wagub DKI Jakarta, berpasangan dengan Sylvia Murni pada Pilgub DKI 2017 lalu.

Ia tak ragu bersaing dengan petahana Ahok-Djarot yang didukung PDIP, Golkar, Hanura, Nasdem dan pasangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno didukung oleh Partai Gerindra dan PKS.

Baru-baru ini, AHY sebagai Direktur Eksekutif The  Yudhoyono Institute mengadakan pertemuan di Bogor bersama 8 kepala daerah: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. Selain itu, ada Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Wali Kota Tangerang Airin Rachmi Diany, dan Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid.

AHY menyampaikan pesan sejuk agar perselisihan hasil Pemilu 2019 diselesaikan secara damai. "Walaupun kita semua memiliki pandangan, referensi, dan pilihan politik yang berbeda-beda, bahkan dalam keluarga pun ada perbedaan antara persahabatan juga sering kita temukan perbedaan yang fundamental, tetapi jangan sampai itu semua kita kemudian kita jadikan permusuhan itu abadi," ujarnya.

Menariknya, dalam daftar yang beredar, AHY bersaing lagi dengan BTP. Kali ini kedua nama ini bersaing sebagai kandidat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Inikah tanda nyata bahwa Jokowi merangkul SBY melalui AHY? Tampaknya demikian. Akhir-akhir ini, tampaknya terjadi pecah kongsi antara SBY dengan Prabowo.

Sandiaga Uno Kandidat Kepala BKPM

Menarik sekali, nama Sandiaga Uno masuk sebagai kandidat kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM. Ia bersaing dengan Sofyan Djalil, Thomas Lembong, Anindya Novyan Bakrie, dan Jeffry Wurangian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6