Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... pembelajar

kontakbobby@zoho.eu. Buku Perdana= http://bit.ly/Wanitamulia Buku Kedua= http://bit.ly/SantoYusuf

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Inspirasi dari Italia dan Indonesia agar Milenial Kita Mau Bertani

20 Mei 2019   16:24 Diperbarui: 20 Mei 2019   16:57 0 11 4 Mohon Tunggu...
Inspirasi dari Italia dan Indonesia agar Milenial Kita Mau Bertani
agricoltura moderna-thefoodmakers.startupitalia.eu

Indonesia sempat lekat dengan julukan negeri agraris. Bagaimana kondisi aktual sektor pertanian di negeri kita?

Data BPS, pada 2017 pekerja sektor pertanian berjumlah 35,9 juta orang. Artinya pekerja sektor pertanian sebanyak 29,68 persen dari penduduk yang bekerja.

Pada tahun 2018, terjadi penurunan jumlah pekerja sektor pertanian menjadi 35,7 juta orang atau 28,79 persen dari jumlah penduduk bekerja.

Sementara itu, pada 2018 luas lahan pertanian tinggal 7,1 juta hektare, turun dibanding pada 2017 yang masih seluas 7,75 juta hektare.

Dua fakta ini berkelindan dengan dugaan penurunan minat generasi muda kita untuk bekerja di sektor pertanian. Ekonom INDEF Bhima Yudhistira mengatakan, milenial Indonesia yang jumlahnya sekitar 90 juta orang saat ini tak lagi melirik sektor pertanian sebagai karier yang menjanjikan.

"Umur petani rata-rata sekarang 45 tahun ke atas. Jadi diperlukan kebijakan regenerasi sehingga milenial bisa kembali lagi untuk menekuni bidang pertanian, khususnya menggunakan digitalisasi, menggunakan tools-tools yang lebih canggih," papar Yudhistira.

Memuji Upaya Kreatif Kementerian Pertanian (Kementan) Tarik Minat Milenial

Menyadari tantangan penurunan minat generasi muda untuk bertani, Kementan terus melakukan aneka upaya kreatif untuk menarik minat generasi milenial:

1. Pembangunan Polbangtan

instagram kementerian pertanian
instagram kementerian pertanian

Kementan terus membangun Politeknik Pembangunan Pertanian. Polbangtan menyelenggarakan program Sarjana Terapan (STr) dan D3 pertanian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8