Bobby Steven MSF
Bobby Steven MSF Relawan

Suka berteman dengan siapa saja. Sila hubungi kontakbobby@zoho.eu. Menulis untuk berbagi kebenaran dan kebaikan.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Pak Jokowi, Tontonlah "Sexy Killers" di Hari Bumi

22 April 2019   06:19 Diperbarui: 22 April 2019   10:45 2996 21 11
Pak Jokowi, Tontonlah "Sexy Killers" di Hari Bumi
tangkapan layar Youtube/watcgdoc

Pak Jokowi, selamat atas kemenangan sementara versi hitung cepat dan hitungan asli KPU. Saya tahu, Bapak amat sibuk. Juga di Hari Bumi 22 April ini.

Di sela-sela kesibukan Bapak, saya mengajak Bapak menonton film dokumenter yang amat layak kita simak.

Judulnya Sexy Killers. Sampai saat ini, film yang dipublikasikan gratis di Youtube pada 13 April 2019 ini sudah ditonton lebih dari 17 juta kali.

Derita Rakyat Kecil Korban Tambang

Dalam film ini, kita dipertemukan dengan rakyat kecil korban tambang batu bara, antara lain:

- Pak Nyoman

Petani bersahaja ini memrotes perusahaan tambang di Kutai Kertanegara dengan memblokade alat berat. Ia justru dipenjara tiga bulan pada tahun 2005 dengan alasan mengganggu operasional perusahaan tambang. 

- Ibu-Ibu yang Kehilangan Anak-Anaknya 

Ibu-ibu di Kalimantan Timur menangis dan berontak karena kehilangan anak-anak mereka akibat tenggelam di kolam bekas galian tambang.

Dari tahun 2011 sampai 2018, di Kaltim 32 jiwa melayang sia-sia akibat tewas tenggelam di bekas galian tambang. Secara nasional, dari tahun 2014-2018, jumlah korban tewas akibat tenggelam di bekas tambang mencapai 115 jiwa.

Bapak Jokowi Jadi Salah Satu "Bintang"

Bapak Jokowi jadi salah satu "bintang" dalam film dokumenter ini. Bersama Bapak Prabowo, Pak Jokowi menanggapi pertanyaan tentang program yang akan kandidat lakukan untuk mengatasi dampak kolam galian bekas tambang.

Moderator mengatakan, sampai tahun 2018 terdapat sekitar 8 juta hektar lubang tambang yang belum direklamasi, yang terdiri dari perusahaan besar, tambang rakyat, dan 500 ribu hektar terindikasi tambang tanpa izin.

Bagaimana langkah konkret para kandidat untuk mengatasi dampak sosial dan eknonomi akibat bekas lubang tambang tersebut?

Saat itu, Pak Jokowi menjawab secara amat diplomatis:

"Selain penghutanan kembali, kita juga melihat di beberapa tambang juga telah melakukan reklamasi kembali. Ada yang menjadi misalnya pantai wisata. Ada juga lubang galian yang telah dikerjakan atau juga menjadi kolam ikan besar.

Memang ada satu, dua, tiga yang belum dikerjakan, tetapi dengan pengawasan pemerintah daerah dan kementerian lingkungan hidup, saya meyakini bahwa ini satu per satu ini bisa diselesaikan. Sekali lagi, bukan pekerjaan mudah, tapi yang saya lihat di lapangan, itu bisa dikerjakan oleh kementerian, provinsi, maupun oleh kabupaten dan kota."

Menteri dan Orang Dekat Bapak Juga jadi Bintang

Menariknya, sejumlah nama orang dekat Bapak Jokowi juga jadi "bintang" film Sexy Killers ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3