Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... pembelajar

kontakbobby@zoho.eu. Buku Perdana= http://bit.ly/Wanitamulia Buku Kedua= http://bit.ly/SantoYusuf

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Perlukah Koruptor dan Pencuri Dihukum Potong Tangan?

13 April 2019   10:33 Diperbarui: 13 April 2019   10:41 0 4 2 Mohon Tunggu...
Perlukah Koruptor dan Pencuri Dihukum Potong Tangan?
kompas.com/agus susanto

Siapa tak jengah membaca berita korupsi di negeri ini? Seorang rekan kami (kini almarhum), pastor dari Belanda yang telah jadi WNI, pernah berkata, "Seandainya tidak ada koruptor, koran Indonesia bisa menghemat sepertiga halaman..."

Brunei Akan Menerapkan Hukum Potong Tangan

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Brunei Darussalam telah menerapkan hukuman potong tangan dan kaki bagi pencuri. 

Hukuman ini mulai berlaku 3 April 2019, demikian informasi dari Human Rights Watch yang dilansir Bruneinews.net.

Wacana Potong Tangan bagi Pencuri dan Koruptor di Indonesia

Terkait dengan isu aktual ini, sejatinya wacana soal hukuman potong tangan pernah mengemuka beberapa waktu lalu di negeri kita.

Saat mengisi sebuah acara di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, Senin (31/12/2018), Tengku Zulkarnain yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) MUI mengatakan, MUI sedang menggodok aturan baru yang sesuai dengan syariat Islam bagi pencuri dan koruptor. 

Aturan tersebut adalah tentang hukuman potong tangan bagi pencuri dan koruptor. Menurutnya, aturan tersebut akan diajukan usai Pemilihan Presiden 2019.

"Saya dengan kawan-kawan sudah menggodok bahwa kami akan mengajukan permohonan para maling dan koruptor yang terbukti, baik dengan bukti dan saksi tidak perlu dipenjara melainkan dipotong saja tangannya. Usulan ini akan disampaikan setelah Pemilu 2019," katanya.

Zulkarnain berpendapat, usulan ini penting diajukan mengingat per harinya pemerintah Indonesia harus menyediakan Rp 4 miliar untuk memberi makan tahanan, termasuk koruptor di penjara atau LP.  Artinya pemerintah membutuhkan uang hingga Rp 15 triliun untuk ransum para tahanan termasuk para koruptor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x