Mohon tunggu...
Berbagi Ilmu
Berbagi Ilmu Mohon Tunggu... berbagi itu indah

kontakbobby@zoho.eu

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Tety Sianipar, Kerjabilitas Bantu Disabilitas Cari Kerja Pantas

14 Juni 2019   08:50 Diperbarui: 14 Juni 2019   09:06 0 7 3 Mohon Tunggu...
Tety Sianipar, Kerjabilitas Bantu Disabilitas Cari Kerja Pantas
thejakartapost.com

Mencari pekerjaan bukan hal mudah bagi orang "normal". Bisa dibayangkan, betapa sulitnya para penyandang disabilitas mencari pekerjaan yang pantas.

Untunglah, Indonesia memiliki milenial jempolan berhati mulia seperti Tety Sianipar. Tety memilih karir yang tak biasa. Tak seperti sebagian anak muda yang memilih jadi YouTuber, jagoan gim, atau PNS, Tety memilih karir sebagai "malaikat" bagi penyandang disabilitas di Indonesia tercinta.

Tety Sianipar sudah lama akrab dengan para penyandang disabilitas. Keakraban itu membuatnya sadar, para penyandang disabilitas sering menemui kesulitan untuk mendapat pekerjaan yang pantas bagi mereka.

Wanita muda yang lahir di Cikampak, Sumatera Utara pada tahun 1987 ini berpikir keras bagaimana bisa membantu mereka. Ia ingin membuat laman daring para pencari kerja dan calon majikan mirip Jobstreet.com, namun khusus didedikasikan bagi penyandang disabilitas.

Kelahiran Kerjabilitas.com

Sumber: jawapos.com
Sumber: jawapos.com

Lulusan  Teknik Informatika  Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta ini lantas mendirikan Kerjabilitas.com dengan Rubby Emir, yang kini menjadi CEO. Startup dengan motto terhubung, berkarya, dan berdaya ini berpusat di Yogyakarta.

Tety sendiri menjadi CTO (Chief Technology Officer) di Kerjabilitas. Ia bertugas memimpin tim pengembangan laman pencari kerja khusus penyandang disabilitas pertama di Indonesia tersebut.

"Kami berharap Kerjabilitas.com dapat digunakan semua penyandang disabilitas. Kami menjamin bahwa laman ini dapat diakses oleh tunanetra karena laman ini dilengkapi fasilitas pembaca layar. Pengguna dapat mencari lowongan kerja dan mengunggah CV mereka. Kami mendorong para penyandang disabilitas untuk melamar sendiri ke pencari kerja," papar Tety.

Tety mengatakan bahwa saat ini banyak lulusan Sekolah Luar Biasa (SLB) memerlukan pekerjaan. Kabar gembiranya, ada tujuh  universitas yang menerima mahasiswa disabilitas dan Kerjabilitas.com membantu para mahasiswa ini untuk mendapatkan pekerjaan yang pantas. 

 Pada awal masa pendirian Kerjabilitas.com, Tety dan Rubby mengadakan diskusi kelompok untuk memahami apa sebenarnya kebutuhan penyandang disabilitas, perjuangan merreka, dan tempat kerja impian mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN