Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Yuk jadi sahabat di Instagram https://www.instagram.com/ruangberbagikompasiana/ dan https://bit.ly/ruangberbagiFB

Keberagaman adalah anugerah terindah bagi Indonesia. Penanggungjawab konten: Bobby. Senang belajar nulis bersama penulis pemula. Sapa FB: Ruang Berbagi - Twitter: @ruangberbagi4 dan surel: ruangberbagi@yandex.com. Panggil saja Bung, Rm, Mas, atau Perak:) Artikel hanya ditulis untuk Kompasiana. Dilarang memuat ulang untuk kepentingan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Lion", Si Anak Hilang Berjuang Pulang Dipandu Google Earth

22 Februari 2019   17:34 Diperbarui: 22 Februari 2019   18:09 545 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Lion", Si Anak Hilang Berjuang Pulang Dipandu Google Earth
http://www.bookssecrets.com

Hari Valentine tak hanya hari kasih-sayang muda-mudi. Ia adalah juga hari kasih-sayang keluarga. Film yang saya anjurkan untuk dinikmati pada perayaan Valentine adalah Lion (2016), sebuah film yang diangkat dari kisah nyata Saroo Brierley, seorang anak angkat satu keluarga Australia yang mencari rumah keluarganya di India setelah berpisah lama. Kisah ini ia tulis dalam buku A Long Way Home (2013). 

bookdepository.com
bookdepository.com
Lion mendapat enam nominasi Oscar pada 89th Academy Awards (2017)antara lain dalam kategori film terbaik, aktor pembantu terbaik (Dev Patel), aktris pembantu terbaik (Nicole Kidman) dan skenario adaptasi terbaik. Film ini meraih dua BAFTA Awards untuk aktor pembantu terbaik (Dev Patel) dan skenario adaptasi terbaik.

Film ini mencatat sukses besar dengan meraup 140 juta dolar Amerika dari pemutarannya di seluruh dunia. Ia menjadi salah satu film Australia yang meraup keuntungan tinggi sepanjang sejarah. Prestasi gemilang untuk debut layar lebar sutradara Garth Davis.

Bermulai dari Desa Ganesh Talai

agoodmovietowatch.com
agoodmovietowatch.com
Kisah Sarro berawal dari desa Ganesh Talai, Khandwa, India. Suatu hari pada tahun 1986, Sarro kecil (Sunny Pawar) asyik memandangi ribuan kupu-kupu. Datanglah Guddu (Abhishek Bharate), kakaknya. Sang kakak mengajaknya mencuri batu bara dari kereta yang melintasi desa mereka.

Diwarnai adegan kejar-kejaran dengan polisi, kedua anak ini berhasil mencuri batu baru untuk dibarter dengan susu. Maklumlah, Guddu dan Saroo adalah anak-anak melarat yang hanya berusaha meringankan beban Kamla (Priyanka Bose), ibu mereka yang telah menjanda.

insessionfilm.com
insessionfilm.com
Cerita berlanjut dengan petualangan dua bocah ini di stasiun kereta. Guddu meninggalkan Sarro yang ingin tidur karena kecapekan. Sang kakak mencari pekerjaan serabutan di stasiun itu. Ia berjanji akan segera kembali setelah menemukan lowongan kerja. Namun, Guddu tak pernah kembali menemui adiknya, Saroo.

Saroo berteriak-teriak memanggil kakak tercinta. Teriakannya hanya menghantam gerbong-gerbong kereta yang kosong di malam hari. Sarro naik sebuah gerbong untuk mencari Guddu. Karena lelah, Saroo terlelap.

Paginya, kereta tempat Saroo tertidur berangkat ke Kolkata. Sang bocah berumur lima tahun ini terjebak dalam gerbong. Tak seorang pun peduli dengan teriakannya minta tolong.

Keputusasaan Saroo digambarkan dengan apik oleh sutradara film ini. Teriakan Saroo mendadak disunyikan sehingga penonton dibiarkan melihat urat-urat leher Saroo saat ia berteriak kencang.

Terdampar ribuan kilometer dari rumah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x