Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

ruangberbagi@yandex.com. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Kata RUU Permusikan, Konser Blackpink Wajib Ditemani Via Vallen

5 Februari 2019   07:49 Diperbarui: 6 Februari 2019   12:45 1201 20 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kata RUU Permusikan, Konser Blackpink Wajib Ditemani Via Vallen
(Instagram/blackpinkofficial)

Jagad daring dan luring dihebohkan oleh protes ratusan musisi atas draf RUU Permusikan. Mereka menilai draf RUU ini memuat sejumlah pasal ganjil dan tumpang-tindih dengan UU yang sudah ada.

Mari kita sigi beberapa pasal yang dipermasalahkan dalam draf RUU Permusikan ini:

Pasal 5

Pasal 5 dalam draf RUU Permusikan melarang para musisi membawa budaya barat yang negatif, merendahkan harkat martabat, menistakan agama, membuat konten pornografi hingga membuat musik provokatif.

Tampak sekali "ketakutan" terhadap budaya barat dalam benak para penyusun RUU Musik. Masalahnya, "budaya barat" itu apa? Apakah selalu negatif? Budaya Eropa, misalnya budaya orang Jerman adalah budaya tepat waktu dan disiplin.

Menyamaratakan budaya barat sebagai budaya negatif adalah tanda bahwa para penyusun RUU ini termasuk golongan "dolanmu kurang adoh". Apa arti "dolanmu kurang adoh"?

Dalam bahasa Jawa, kalimat ini berarti "mainmu kurang jauh". Karena mainnya cuma di sekitar rumah saja, jadinya kurang wawasan tentang dunia. Duh, kasihan betul.

Bagian lain yang samar adalah larangan membuat musik provokatif. Apa definisi musik provokatif? Siapa yang berhak menentukan musik itu provokatif atau tidak? 

Musik seharusnya jadi lahan ekspresi pendapat. Musik mestinya boleh jadi corong kritik terhadap pemerintah dan atau gejala sosial negatif. Kalau sedikit mengkritik saja lantas dihukum, malang nian nasib musisi pemberani. 

Pasal 18 

Pasal 18 draf RUU ini mengatakan, "Pertunjukan musik melibatkan promotor musik dan/atau penyelenggara acara musik yang memiliki lisensi dan izin usaha pertunjukan musik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan'. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x