Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Terkejut Baca Kemenangan Komik "Cipta" di Koran Italia

13 Januari 2019   04:21 Diperbarui: 13 Januari 2019   04:45 181 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terkejut Baca Kemenangan Komik "Cipta" di Koran Italia
dokumentasi UNICEF


"Con il supereroe Cipta una ragazza indonesiana ha vinto il contest di fumetti internazionale dell'UNICEF". Begitu kalimat awal yang saya baca di koran Corrierenazionale. Terjemahannya, "Dengan pahlawan super Cipta, seorang remaja putri dari Indonesia telah memenangkan kontes komik internasional UNICEF."

Pahlawan Antiperundungan 

Cipta adalah pahlawan super yang dikisahkan memberi anak-anak buku sketsa untuk menggambar benda-benda yang kemudian menjadi nyata, dan menghentikan kekerasan serta intimidasi. Penciptanya adalah Rizka Raisa Fatimah Ramli.

 "Saya membuat Cipta untuk menarik perhatian pada kekerasan dan perundungan (bullying) yang dihadapi anak-anak di Indonesia dan di seluruh dunia setiap hari," kata  remaja berusia 17 tahun dari Makassar itu.

"Melalui komik, aku merasa tokohku hidup dan aku bisa melawan perundungan (buli). Aku berharap bisa menginspirasi banyak orang, terutama anak-anak, agar mereka juga bisa cerita pengalaman mereka (menghadapi buli), kalau tidak bisa ngomong langsung, ya lewat komik," tutur Rizka.

dokumentasi UNICEF
dokumentasi UNICEF
Kalahkan "Silence" 

Kontes komik yang diselenggarakan UNICEF pada Oktober 2018 ini meminta agar anak-anak dan remaja menciptakan pahlawan super yang harus bisa mengalahkan "Silence" atau "Diam", satu tokoh jahat yang ingin agar anak-anak tidak melaporkan buli yang mereka alam di sekolah dan di luar sekolah. 

Rizka Raisa mengalahkan 3.600 karya lain dari 130 negara. Pemenang lomba ini ditentukan oleh 23 ribu suara yang memilih di situs web UNICEF.

Selamat ya, Rizka Raisa. Kami tunggu terbitnya karyamu yang menakjubkan: Cipta si pahlawan antibuli. Semoga karyamu membuat anak-anak dan remaja di Indonesia dan dunia berani melawan buli.

Kota Abadi, 12/1/2019.

Sumber:

www.unicef.org

www.corrierenazionale.it

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x