Bobby Steven MSF
Bobby Steven MSF Tebar kebaikan lewat tulisan.

Pastor-biarawan. Suka berteman dengan siapa saja. MSF bukan gelar, itu tarekat saya: Missionariorum a Sacra Famiglia yang bergerak, antara lain, dalam pendampingan keluarga. Sila hubungi kontakbobby@zoho.eu. Penghargaan materi akan dipakai untuk menolong, termasuk hadiah Juara III Blog Competition Kemensos bertema Program Keluarga Harapan (2019).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Coba Tebak Apa Bahasa Inggrisnya Lahar?

11 Januari 2019   18:29 Diperbarui: 11 Januari 2019   18:46 393 5 2
Coba Tebak Apa Bahasa Inggrisnya Lahar?
educalingo.com

Hayo, coba tebak apa padanan bahasa Inggris untuk kata 'lahar'?

Bahasa Inggrisnya 'lahar' ya 'lahar'. Coba buka laman ini. Kamus tersebut mendefinisikan lahar sebagai "a destructive mudflow on the slopes of a volcano". Artinya, lahar adalah lumpur perusak yang meluncur pada lereng sebuah gunung api.

Perbedaan mendasar antara kata lahar dalam bahasa Inggris dan Indonesia tampak bukan pada tulisan, namun pada pengucapannya. Lahar dalam bahasa Inggris diucapkan laha

Asal Kata Lahar

Kamus Oxford Dictionary menyebutkan bahwa asal kata 'lahar' adalah bahasa Jawa pada tahun 1920-an. Artinya, kata lahar sudah dipinjam oleh bahasa Inggris dari bahasa Jawa (sebelum bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda tahun 1928). Menarik, bukan?

Mengapa Bahasa Inggris "harus" meminjam kata lahar dari bahasa Jawa (kata yang sama nantinya menjadi kata bahasa Indonesia)? Mudah ditebak. Inggris tidak memiliki gunung api. Mereka pasti penasaran ingin mengunjungi negeri di mana terdapat Gunung Krakatau. Pada tahun 1883, Krakatau meletus dahsyat dan menimbulkan tsunami yang merenggut 36 ribu jiwa. Kabar letusan dahsyat itu menyebar ke seantero Eropa dan dunia. 

Merawat Ingatan dan Kewaspadaan

Orang-orang Inggris bisa jadi mendengar kata lahar untuk pertama kalinya saat mereka datang ke negeri kita pada awal abad ke-19. Mereka mendengar atau mungkin juga menyaksikan sendiri bagaimana lahar gunung berapi (entah gunung mana) menghancurkan desa-desa di Indonesia. Ingatan ngeri akan lahar terpatri dalam benak orang-orang Inggris saat itu sampai-sampai mereka memasukan kata lahar dalam kamus mereka.

Semoga kita yang hidup di negeri gunung-gunung api ini selalu waspada akan bahaya lahar. Jangan kalah dengan orang-orang Inggris dalam merawat ingatan akan bencana.

Simak juga:

https://www.kompasiana.com/bobby18864/5c3783ccab12ae0e084b88fa/tekad-2019-mari-kita-ceraikan-apa-dan-pun

https://www.kompasiana.com/bobby18864/5c3709496ddcae1e452a19cb/resolusi-2019-menggunakan-di-secara-tepat