Fesyen

Blumei Pavilion Preschool Kelapa Gading

11 Juli 2018   15:22 Diperbarui: 11 Juli 2018   15:30 192 0 0
Blumei Pavilion Preschool Kelapa Gading
Dokumen blumei

Mengenalkan Rutinitas Sebelum Tidur Pada Anak

Blumei Pavilion Preschool Kelapa Gading

Dear Mom dan Dad,

Si kecil yang sering rewel saat akan tidur bisa jadi disebabkan karena ia tidak mengetahui kapan waktunya tidur. Maka dari itu, sangat penting untuk mulai mengenalkan rutinitas sebelum tidur pada si kecil sejak ia masih bayi dan tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik tersebut.

Anak-anak akan merasa lebih rileks saat mereka tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Dengan adanya rutinitas sebelum tidur, maka anak akan tahu kapan waktunya tidur. Berikut ini ada beberapa rutinitas sebelum tidur yang bisa Mom dan Dad lakukan di rumah:

Biarkan buah hati Anda bermain:

Sebelum buah hati Anda tidur, biarkan saja ia bermain atau berlari sesuka hatinya. Tenaga yang habis untuk bermain akan membuat bayi atau balita lebih mudah lelah sehingga ia akan cepat terlelap tidur. Jangan lupa setelah si kecil puas bermain, Anda kemudian mengajaknya melakukan kegiatan yang lebih tenang sehingga ia merasa tenang dan rileks setelah lelah bermain.

Mengajak buah hati Anda melakukan aktivitas yang tenang:

Jika sebelumnya si kecil sudah bermain dengan berlari-lari, sekarang Mom dan Dad bisa mengajaknya bermain dengan lebih tenang. Permainan sederhana seperti menghitung angka, menyebutkan abjad, bermain puzzle, atau bermain kartu cocok untuk dimainkan bersama buah hati Anda. Sedangkan jika si kecil masih bayi, Anda bisa mengajaknya untuk bermain cilukba atau sembunyi dengannya.

Ajak si Kecil untuk mandi:

Mandi sebelum tidur menjadi salah satu kegiatan sebelum tidur yang cukup populer. Berendam di air hangat memang dapat memberikan sensasi yang menenangkan bagi anak serta tubuh yang bersih dan segar mampu membuat anak tidur lebih nyenyak. Selain itu, mandi sebelum tidur malam bisa menjadi cara yang efektif bagi Anda untuk lebih mendekatkan diri dengan si kecil.

Memakai baju tidur:

Mengganti pakaian si Kecil dengan baju tidur bisa membantunya untuk mengetahui bahwa sudah masuk waktu tidur. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengajak si Kecil menggosok gigi, membasuh muka dan tangan, serta buang air kecil atau mengganti popoknya sebelum ia tidur. Kebiasaan baik ini bisa menjadi pelajaran yang baik bagi si kecil hingga ia tumbuh besar nanti.

Bercerita:

Apabila buah hati Anda sudah berusia balita dan bisa diajak berbicara, maka waktu tidur adalah waktu yang paling pas untuk mendengarkan cerita tentang kegiatannya seharian. Anda bisa bertanya apa yang ia lakukan hari ini, bagaimana teman-temannya, atau bagaimana keadaan di sekolah. Bercerita bisa menjadi cara yang baik untuk mengatasi kegelisahan pada anak sehingga si Kecil pun akan dapat tidur lebih nyenyak.

Demikian tadi pembahasan tentang Pentingnya Mengenalkan Rutinitas Sebelum Tidur pada Anak. Semoga dapat memberi manfaat yang positif bagi Mom dan Dad.

Sumber: Marni Axelrad, PhD (Psikolog perkembangan anak di Texas Children's Hospital)

Blumei Pavilion Preschool and Kindergarten

Kelapa Gading , Jakarta Utara