Mohon tunggu...
Nani Kusmiyati
Nani Kusmiyati Mohon Tunggu... Guru - English teacher, Trainer, Writer and Woman Navy

I love teaching, writing and reading

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mahasiswa yang Tak Kunjung Lulus Kuliah

30 September 2022   05:29 Diperbarui: 30 September 2022   05:37 89 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MAHASISWA YANG TAK KUNJUNG LULUS KULIAH

Topik dari instagram @seputar kuliah kali ini tentang mahasiswa yang tidak kunjung lulus kuliah.

Siapa sih yang tidak ingin segera lulus kuliah? Pasti jawabannya, setiap mahasiswa ingin segera lulus kuliah. Yang jadi permasalahannya mengapa kok gak bisa selesai kuliah tepat waktu? Harapan hati memang tidak sesuai dengan kenyataan. 

Kondisi ini banyak dikeluhkan teman-teman saya termasuk saya sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi dan banyak alasan yang dibuat agar diri pribadi bisa excuse atau berdalih. Beberapa faktor atau alasan yang dibuat para mahasiswa yang tidak kunjung lulus kuliah sebagai berikut:

Yang pertama, kerja atau bisnis yang menghasilkan. Inilah yang banyak dialami para mahasiswa terutama mahasiswa S2 dan S3 yang kuliah sambil bekerja. 

Bisnis menghasilkan ini dapat diartikan bekerja di kantoran atau bekerja diluar kantoran seperti konsultan yang tidak memiliki kantor tetap, motivator yang banyak memiliki client dan juga mereka yang punya usaha sendiri.

Sebagai contoh ada beberapa teman saya yang menjadi konsultan yang cukup laris, sehingga banyak sekali undangan untuknya untuk menyelesaikan problem perusahaan baik di Indonesia maupun di luar negeri. 

Dengan penghasilan yang menggiurkan dia mulai menikmati pekerjaannya. Di dalam hati kecilnya ingin sekali segera menyelesaikan disertasinya. 

Namun, lagi-lagi undangan dari beberapa perusahaan itu datang. Jika ditolak sayang, karena lumayan dapat honornya. Dan honor tersebut dipergunakan untuk keluarga dan membayar biaya S3- nya. 

Sungguh suatu dilema, pekerjaan dan disertasi sama-sama pentingnya. Dia selalu membawa laptop kemanapun pergi, selain digunakan untuk presentasi, harapan hati laptop itu akan digunakannya untuk meneruskan draf-draf disertasi yang belum selesai-selesai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan